Sukses

Parenting

Cukupi Asupan Vitamin B12, Bisa Cegah Hepatitis Dan Masalah Kehamilan Lho

Tubuh tidak hanya butuh vitamin C dan A saja untuk menjaga kesehatan. Ada vitamin B kompleks yang juga perlu dikenali karena perannya sangat besar untuk tubuh, salah satunya adalah vitamin B12.

Bukan hanya berfungsi mencegah kelelahan, anemia, dan melancarkan pencernaan saja. Dilansir dari boldsky.com, mencukupi kebutuhan vitamin B12 ternyata bisa mencegah terjadinya masalah kesehatan saat masa kehamilan dan membantu kesembuhan dari hepatitis C.

Vitamin B12 bisa mencegah terjadinya kecacatan fisik pada bayi saat lahir. Vitamin ini membantu dalam sintesis DNA dari sel-sel tubuh. Oleh karena itu, rendahnya tingkat vitamin B12 dalam tubuh dapat menyebabkan cacat pada DNA. Beberapa penelitian juga telah membuktikan hubungan erat kekurangan vitamin B12 dengan cacat sistem syaraf dan risiko tinggi terjadinya Down sindrom pada anak-anak.

Vitamin B12 juga diperlukan untuk melawan penyakit hepatitis C dan mempercepat proses pengobatan dan penyembuhan. Mencukupi asupan vitamin B12 bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah penelitian membuktikan bahwa tingkat vitamin B12 dalam tubuh mampu memengaruhi proses penyembuhan hepatitis C.

Dari 94 pasien yang menderita infeksi HCV (hepatitis C), pasien yang minum suplemen vitamin B12 bersama dengan pengobatan untuk hepatitis C menunjukkan peningkatan tingkat respons perlawanan lebih baik terhadap virus setelah pengobatan selesai dan kondisi tubuh lebih sehat setelah pengobatan.

Vitamin B12 alami bisa didapatkan dari makanan berupa daging. Jadi, Anda bisa mencukupinya setiap hari untuk mencegah dua risiko masalah kesehatan di atas ya Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading