Sukses

Parenting

Beberapa Perubahan Sikap Berikut Indikasikan Sakit pada Bayi

Ladies, kita mungkin akan kesulitan mendeteksi apakah si kecil dalam keadaan sakit. Hal ini terjadi karena mereka masih belum bisa mengeluhkan apa yang dirasakan dan bagian mana yang sakit, seperti yang bisa dilakukan oleh orang dewasa. Nah, oleh karena itu kita harus bisa mengetahui apa saja tanda-tanda yang menunjukkan apakah si kecil dalam keadaan sakit melalui beberapa tanda berikut ini, seperti yang dilangsir oleh laman aboutkidshealth.ca.

Perubahan Sikap
Salah satu dari beberapa tanda pertama ketika bayi sedang sakit adalah adanya perubahan perilaku yang ditunjukkan. Bahkan, si kecil akan menangis lebih keras lagi atau mungkin juga malah kelihatan sangat lesu. Jadi, kalau biasanya buah hati Anda sangat aktif, bisa disuapi dengan baik, bisa ditenangkan ketika menangis, maka kali ini akan sedikit lebih berbeda.

Namun, kalau mereka sudah nampak jauh lebih lesu dari biasanya, dan Anda merasa khawatir dengan keadaan ini, maka sebaiknya Anda secepatnya berkonsultasi kepada dokter kepercayaan Anda. Mungkin saja tanda ini mengindikasikan penyakit lain yang lebih parah.

Nampak Lesu
Hal ini dinamakan lethargy, yaitu suatu kondisi dimana si kecil tidak memiliki energi yang ia tunjukkan seperti biasanya. Bahkan, mereka akan tidur lebih lama, dan akan sulit untuk bangun untuk sekedar makan. Ketika mereka sudah bisa bangun, mereka akan tetap nampak mengantuk dan kurang berkonsentrasi.

Kurangnya konsentrasi ini bisa ditunjukkan dengan perhatian yang tidak lagi full kepada rangsangan visual ataupun juga suara yang ada di sekitarnya. Lethargy ini akan berkembang dengan sangat pelan dalam jangka waktu tertentu dan mungkin saja akan membuat orangtua mengalami kesulitan untuk mendeteksinya.

Oleh karena itu, kita harus selalu waspada, apalagi ternyata lethargy ini adalah satu tanda yang ketika anak terserang demam, flu, atau bahkan meningitis. Lethargy ini bisa disebabkan oleh kondisi jantung atau penyakit di dalam darahnya, misalnya thalassemia.

Nah, sebenarnya ada banyak sekali penyebab lethargy ini, dan mungkin saja berhubungan dengan beberapa penyakit yang lainnya. Oleh karena itu, sebelum terlambat, pastikan Anda sesegera mungkin memeriksakannya ke dokter. Dokter akan lebih mengetahui dengan persis treatment terbaik apa yang seharusnya diberikan kepada si kecil.

Lebih Mudah Marah
Karena belum bisa mengungkapkan kemarahannya melalui kata-kata, maka satu-satunya cara adalah dengan cara menangis. Tangisan ini memiliki banyak sekali makna, seperti ketika baby lapar, mengantuk, ataupun ingin diganti popoknya. Mungkin ibu muda akan kesulitan mengerti arti dari tangisan ini, namun seiring berjalannya waktu, kita akan mengerti setiap ungkapan tangisannya, Ladies. So, don’t worry.

Jadi, lebih waspada ya kalau si kecil mengalami hal ini, Ladies. Semoga bermanfaat.


Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading