Sukses

Parenting

Beberapa Pertanyaan yang Sering Ditanyakan tentang Pertumbuhan Rambut Anak

Moms, tentunya ada perasaan khawatir ya kalau si kecil belum juga tumbuh rambut di usianya yang sekarang sementara harusnya bayi seusianya sudah tumbuh rambut. Apalagi untuk beberapa ibu muda yang belum memiliki pengalaman merawat bayi, tentunya keadaan ini akan menimbulkan pertanyaan tersendiri.

Beberapa usaha terkadang dilakukan untuk mempercepat tumbuhnya rambut ini. Namun, ternyata, kita sebenarnya tidak perlu se-hectic ini kalau rambutnya belum tumbuh setelah berusia beberapa bulan. Ini karena waktu tumbuh rambut ini sangat bervariasi antara yang satu dengan yang lainnya.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering muncul berkaitan dengan tumbuhnya rambut pada baby, seperti yang dilangsir oleh laman newkidscenter.com.

Apa yang Harus Dilakukan dengan Spot Rambut yang Belum Tumbuh?
Moms, biasanya rambut baby belum tumbuh di spot-spot tertentu ya. Dan kebanyakan spot yang belum tumbuh ini terletak di bagian belakang kepala baby. Ternyata, hal ini disebabkan oleh posisi tidur baby yang selalu dalam keadaan terlentang ketika sedang tidur.

Solusinya adalah, ketika mereka sudah bangun, usahakan untuk mengajaknya duduk dengan posisi kepala terangkat. Dengan begitu, bagian belakang kepala akan diberi ruang sehingga rambut bisa tumbuh dengan baik. Dengan begitu, rambut akan tumbuh dengan merata di seluruh bagian kepala.

Bagaimana Cara Menghilangkan Kulit Kepala yang Mengelupas?
Kulit kepala yang mengelupas ini sangat wajar terjadi ya Moms. Oleh karena itu, proses ini sama sekali tidak berbahaya, namun mungkin beberapa ibu akan terganggu dengannya. Nah, solusinya adalah dengan cara memberikan pijatan di kulit kepalanya dengan lembut ketika keramas. Selain itu, disarankan juga untuk mencuci rambutnya setiap dua hari sekali untuk menghilangkan kulit yang mengelupas ini.

Bagaimana Kalau si Kecil Tetap Belum Tumbuh Rambut?
Moms, kalau kulit kepala si kecil terlihat sehat, tanpa ada warna kemerahan, bengkak, atau sisik yang mengganggu, maka kita tidak perlu khawatir ya. Kalau si kecil belum juga tumbuh rambutnya setelah menginjak usia 2 tahun, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter ya, Moms. Mungkin dokter akan memberikan obat atau alternatif tertentu untuk si kecil.

Apakah Warna Rambut Bayi Akan Berubah?
Faktor gen akan mempengaruhi tekstur dan warna dari rambut si kecil ini pastinya. Namun memang, karena kondisinya yang sangat lembut, rambut baby akan cenderung lebih mudah untuk melengkung dan terlihat keriting daripada rambut orang dewasa. Dan rambut ini akan menjadi lebih lurus dan menghitam pada saat usia 2 sampai 3 tahun.

Apakah Ada Cara yang Lebih Mudah Untuk Mencuci Rambut Bayi?
Salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan untuk membuatnya tenang ketika keramas adalah dengan cara memberikannya mainan. Nah, dengan begitu, mereka akan asik sendiri dengan mainan yang ada, dan Anda bisa mencuci rambutnya dengan nyaman.

Semoga membantu, Moms.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading