Sukses

Parenting

Beberapa Cara Smart Atur Makanan Anak

Ladies, makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak sudah seharusnya menjadi salah satu perhatian utama kita ya. Bagaimana tidak, makanan yang masuk ke dalam tubuh mereka inilah yang akan menentukan kesehatan mereka nantinya. Nah, ibu yang cerdas pasti mempunyai caranya tersendiri untuk menghadapi anak-anak yang sedikit rewel kalau soal makanan. Nah, apakah Anda salah satunya yang memiliki masalah ini? Berikut ini beberapa smart yang bisa kita lakukan untuk menjaga pola makan anak, seperti yang dilangsir oleh laman kidshealth.org.

Perhitungkan Kalori dari Minuman yang Manis
Berbagai minuman manis yang disukai oleh anak akan menambah ekstra kalori di dalam tubuhnya. Dan ternyata ini kurang baik untuk tubuh mereka. Jadi, lebih baik berikan air putih atau susu, kedua minuman ini sangat baik untuk kesehatan mereka. Kalau mereka bosan dengan air putih atau susu, Anda bisa menggantinya dengan jus buah. Jus yang kita buat sendiri di rumah akan jauh lebih sehat kan, Ladies? Namun ternyata, anak-anak juga tidak terlalu banyak membutuhkannya, terutama untuk anak-anak yang belum memasuki usia sekolah.

Berikan Makanan yang Menarik Hati Mereka
Ladies, ternyata penting juga ya untuk menaruh makanan yang manis dan bisa menarik perhatian mereka. Sesekali boleh juga lho ternyata hal ini dilakukan. Selingan yang menarik hati akan membuat mereka menantikan menu yang Anda rancang setiap harinya. Wah, membantu juga ya sepertinya. Namun, jangan sampai berlebihan ya. Salah-salah malah mereka menjadikan dessert puding yang manis sebagai alasan utama untuk bisa makan malam.

Makanan Bukan Cara Untuk Mengatakan “I Love You”
Banyak orang tua yang karena merasa kasihan dengan anaknya, mereka memberikan makanan apa saja yang diminta oleh anak. Padahal, ketika makanan kita gunakan sebagai reward dan untuk menunjukkan kasih sayang, mereka nantinya akan melampiaskan emosinya dengan juga menggunakan makanan. Intinya, ada banyak sekali cara yang bisa kita gunakan untuk menunjukkan kasih sayang, seperti misalnya pelukan hangat, pujian atau perhatian, daripada hanya sekedar makanan.

Jadilah Role Model Untuk Mereka
Ladies, anak-anak kebanyakan akan meniru apa yang orangtuanya lakukan setiap harinya. Nah, oleh karena itu, kalau kita menginginkan mereka makan makanan yang sehat, kita sendiri juga harus melakukannya. Jangan sampai kita menyuruh mereka makan brokoli, sementara kita sendiri makan makanan instan. Pilihlah snack yang bernutrisi, sediakan di meja makan, namun tetap jangan meremehkan makanan utama Anda.

Batasi Jam Menoton TV dan Bermain Komputer
Sebuah penelitian menunjukkan kalau anak-anak yang mengurangi jam untuk menonton TV setiap harinya dapat menurunkan jumlah lemak yang ada di tubuhnya. Ini karena dengan dibatasinya jam menonton TV, mereka akan lebih aktif mencari kegiatan lain yang bisa dilakukan.
Semoga bermanfaat.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading