Sukses

Parenting

Yuk Sajikan Pelangi dari Sayuran dan Buah di Piring si Kecil!

Moms, apakah si kecil menyukai sayuran dan buah-buahan yang Anda hidangkan di meja makan? Memang sangat wajar sekali ya kalau mereka kurang menyukai sayuran dan buah-buahan dan lebih memilih snack yang banyak sekali mengandung pengawet dan pewarna. Kalau sudah begini, kita harus sekreatif mungkin menyajikannya agar mereka tertarik untuk mencobanya. Salah satunya adalah dengan cara memadu madankan warna dari sayuran ini agar bisa menarik minat anak untuk makan.

Ada beberapa warna dari sayuran, seperti merah, biru atau ungu, orange, hijau dan coklat. Nah, ternyata, ada bermacam-macam kandungan di dalam warna-warna ini. Berikut ini penjelasannya, seperti yang dilangsir oleh laman nutritionaustralia.org.

Merah
Sayuran dan buah yang berwarna merah ini mendapatkan warna pigmen alami yang dinamakan lycopene. Lycopene ini adalah antioksidan yang sangat kuat untuk membantu menurunkan resiko kanker. Selain itu, lycopene juga bisa menjaga agar jantung kita tetap sehat. Beberapa sayuran dan buah yang berwarna merah diantaranya tomat, strawberry, cherry, anggur merah, raspberry, apel merah, dan semangka.

Ungu/Biru
Yang memberikan warna sayuran dan buah sehingga bisa menjadi ungu atau biru adalah pigmen tanaman yang bernama anthocyanin. Pigmen anthocyanin juga memiliki antioksidan yang bisa melindungi sel dari kerusakan dan bisa juga menurunkan resiko kanker, stroke, dan juga penyakit jantung. Sayuran dan buah yang berwarna biru dan ungu ini misalnya terong, asparagus ungu, blackberry, blueberry, dan anggur ungu.

Orange/Kuning
Warna kuning atau orange ini karena adanya carotenoids. Carotenoid yang terkenal dengan nama betacarotene bisa ditemukan pada ubi-ubian, labu dan wortel. Betacarotene ini kemudian akan diubah menjadi vitamin A, yang akan bisa membantu menjaga kesehatan membran mucus dan mata. Carotenoid ini disebut lutein yang disimpan di bagian mata yang ternyata bisa berfungsi untuk mencegah katarak dan juga gejala yang mengarah ke kebutaan. Sayuran dan buah ini seperti misalnya wortel, ubi, labu, nanas, mangga, jagung, jeruk dan lain-lain.

Hijau
Sayuran yang berwarna hijau ini mengandung serangkaian phytochemicals yang meliputi caritenoids, indoles dan saponins yang mengandung zat anti kanker. Sayuran yang memiliki daun yang banyak seperti bayam dan brokoli juga merupakan sumber yang baik sebagai penghasil folat. Sayuran dan buah ini misalnya bayam, asparagus, brokoli, alpukat, apel hijau, anggur hijau, kiwi, mentimun, dan lainnya.

Coklat/Putih
Sayuran dan buah-buahan yang berwarna coklat atau putih mengandung beberapa phytochemicals yang sangat berguna untuk kesehatan, seperti allicin yang bisa ditemukan pada bawang putih, yang dikenal sebagai antiviral atau anti jamur dan juga anti bakteri. Beberapa sayuran dan buah yang berwarna putih seperti kentang dan pisang, juga baik sebagai sumber potassium. Sayuran dan buah jenis ini misalnya bunga kol, jamur, bawang putih, pisang, kentang, kurma dan jahe.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda ya, Moms.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading