Sukses

Parenting

Pentingnya Vitamin Prenatal Bagi Kehamilan

Apa itu vitamin prenatal? Apa saja kandungannya? Mengapa perlu dikonsumsi saat masa kehamilan? Mungkin itu yang ada di pikiran Anda saat pertama kali mendengar tentang vitamin prenatal. Bagi Anda yang sedang berencana atau sudah dalam masa kehamilan penting sekali untuk mengetahui hal semacam ini. Berikut adalah penjelasan dari pertanyaan-pertanyaan Anda seperti yang dilansir oleh webmd.com

Makanan yang sehat adalah hal yang baik bagi kesehatan tubuh Anda terutama saat Anda mengalami masa kehamilan. Mengkonsumsi vitamin prenatal merupakan keputusan yang baik untuk mencukupi nutrisi dan gizi yang kurang pada makanan Anda.

Kandungan yang terdapat di vitamin prenatal yaitu berbagai vitamin dan mineral. Mereka adalah asam folat, zat besi, yodium dan kalsium yang merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan dalam kehamilan Anda.

Keuntungan dari mengkonsumsi asam folat adalah membantu mencegah cacat lahir tabung saraf, yang mempengaruhi otak dan sumsum tulang belakang.Makanan yang mengandung asam folat termasuk sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, kacang-kacangan, buah jeruk, dan banyak makanan yang diperkaya. Meski begitu, itu adalah ide yang baik untuk mengambil suplemen dengan jumlah yang tepat dari asam folat sebagai cadangan.
Sedangkan kalsium penting bagi wanita hamil karena dapat membantu mencegah Anda dari kehilangan kepadatan tulang dan juga untuk pertumbuhan bayi saat di dalam kandungan.
Yodium juga sangat penting untuk fungsi tiroid sehat wanita selama kehamilan. Kekurangan yodium dapat menyebabkan keterlambatan pertumbuhan fisik, cacat mental yang berat, dan tuli. Tidak cukup yodium dapat menyebabkan keguguran dan kelahiran mati.
Zat Besi juga penting karena membantu darah Anda dan bayi membawa oksigen.
Sudah banyak vitamin prenatal yang tersedia bagi ibu hamil di pasaran, namun Anda harus tetap teliti memeriksa kandungan yang terdapat di dalamnya. Anda juga perlu mewaspadai karena vitamin prenatal juga mempunyai efek samping yaitu mual. Oleh karena itu alangkah lebih baik jika Anda melakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter kepercayaan Anda agar mendapatkan vitamin yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda. .

(vem/hws)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading