Sukses

Parenting

Yuk Penuhi Gizi Balita dengan Tepat

Balita susah makan adalah problematika yang sering dikeluhkan oleh para ibu-ibu. Apakah ladies juga tengah mengalami hal yang sama? Meskipun susah makan, pastikan bahwa buah hati anda mendapatkan asupan gizi yang baik, ya, ladies mengingat balita merupakan fase di mana mereka bergerak aktif ke sana kemari.

Nah, bagaimana caranya memenuhi gizi balita dengan tepat? Berikut ini adalah tipsnya seperti dikutip dari laman parents.com.

Cara yang pertama adalah dengan menetapkan jadwal makannya secara teratur. Balita normalnya makan setiap tiga atau empat jam sekali, sehingga dalam sehari mereka harus makan sebanyak tiga kali sehari. Jadwalkan juga waktu snacking mereka dan pastikan bahwa buah hati anda mengkonsumsi banyak cairan.

Selanjutnya, pastikan bahwa buah hati makan malam dengan baik. Buatlah menu makan malam yang mengandung asupan gizi yang seimbang. Pastikan bahwa ada menu makan malam yang mengandung karbohidrat, protein, dan vitamin.

Next, jangan pernah memaksa buah hati untuk makan. Sebaliknya, cari cara yang lebih “halus” untuk membuat mereka mau makan. Jika ladies memaksa atau bahkan memarahi mereka, buah hati hanya akan semakin tsulit makan.

Yang tidak kalah pentingnya dalam memenuhi asupan gizi balita adalah memberikan jenis makanan yang bervariasi. Jika ladies mengalami kesulitan dalam memperkenalkan variasi makanan baru, ada baiknya jika anda menjadi panutan buah hati. Makanlah dulu; ceritakan kepada mereka bagaimana rasanya dan mintalah buah hati anda untuk mencobanya.

Sedangkan untuk buah hati yang tidak suka sayuran, cobalah cara lain dalam memberikan sayuran kepada buah hati. Buatlah variasi makanan dengan sayuran yang “bersembunyi” di dalamnya. Ada banyak resep masakan baru yang bisa anda coba tanpa memperlihatkan sayuran kepada buah hati.

Untuk snacking, berikan snack yang mengandung kedelai. Berikan susu kedelai sebagai salah satu variasi snack yang dimakan buah hati.

Next, berikan asupan gula yang cukup untuk buah hati dengan menambahkannya dalam beberapa snack yang biasa dikonsumsi buah hati.

Sedangkan dalam menghadapi buah hati yang susah makan, ada baiknya jika ladies berinisiatif untuk mengajak mereka memasak. Libatkan buah hati anda dalam setiap proses memasak; mulai dari berbelanja sayuran dan bahan makanan lainnya, menyiapkannya di dapur, hingga menghidangkannya di meja. Buah hati yang terlibat dalam proses memasak akan lebih menyukai makanan yang dihidangkan.

Jika buah hati gemar junk food, kini saatnya ladies mulai membiasakan mereka mengurangi konsumsi junk food. Sebagai gantinya, berikan buah, sayur, gandum, dan dairy products.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading