Sukses

Parenting

Kenali 5 Tanda Anda Sedang Hamil Muda

Kehamilan adalah momen yang sangat dinantikan oleh pasangan suami istri, terlebih lagi pasangan baru. Uniknya, banyak calon ibu yang tidak mengetahui saat ia tengah hamil muda dan biasanya baru diketahui setelah usia kandungan memasuki beberapa minggu.

Selain itu, setiap calon ibu biasanya memiliki pengalaman kehamilan yang berbeda. Bahkan, jika calon ibu A dan calon ibu B berada di usia kandungan yang sama, belum tentu akan merasakan perkembangan yang sama. Hal ini dikarenakan kehamilan pada setiap orang berbeda, jadi tak heran jika ada calon ibu yang tak sadar bahwa ia tengah hamil.

Tak hanya itu, tidak semua calon ibu mengalami mual atau muntah di awal kehamilannya. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memperhatikan setiap tanda-tanda yang menunjukkan jika Anda sedang hamil, seperti berikut:

    Telat menstruasi

    Tanda paling mudah dan umum saat Anda tengah hamil adalah terlambat menstruasi. Walaupun masa menstruasi setiap wanita berbeda, tetapi biasanya periodenya setiap 28 hari. Jika pada periode tersebut Anda tidak menstruasi, maka kemungkinan besar Anda sedang hamil. Tetapi untuk memastikannya, Anda dapat melakukan testpack.

    Morning sickness

    Morning sickness atau mual muntah biasanya terjadi setiap pagi saat Anda tengah hamil. Akan tetapi, tak semua calon ibu mengalami mual muntah. Selain itu, hamil muda biasanya akan hilang dengan sendirinya saat kandungan ibu memasuki usia 4 bulan. Sayangnya, banyak calon ibu yang tidak bisa mengonsumsi makanan karena mual muntah. Oleh karena itu, Anda dapat menyiasatinya dengan mengonsumsi biskuit, air jahe atau pun teh papermint untuk membantu mengatasi morning sickness.

    Moodswing

    Moodswing merupakan perasaan yang mudah berubah-ubah dalam waktu yang berdekatan dan hampir kebanyakan ibu hamil mengalaminya. Perubahan suasana hati yang drastis tersebut biasanya dikarenakan oleh faktor hormon progesteron yang meningkat selama kehamilan. Karena itulah, wanita yang sedang hamil suasana hatinya sangat sensitif.

    Payudara bengkak

    Saat hamil, wanita biasanya akan mengalami payudara yang membengkak atau membesar dan terlihat penuh. Nah, hal yang bisa Anda lakukan adalah membeli beberapa bra baru yang benar-benar nyaman untuk Anda gunakan selama masa kehamilan.

    Sering buang air kecil

    Wanita hamil pada umumnya memang akan menjadi sering buang air kecil. Hal itu disebabkan karena adanya perubahan hormon dan tekanan yang terjadi pada kandung kemih. Selain sering buang air kecil, saat hamil muda pun juga memberi efek meningkatnya volume darah ke ginjal. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa sering buang air kecil tidak hanya terjadi di awal kehamilan saja, melainkan juga pada trimester ketiga.

Jadi, coba perhatikan lima tanda-tanda umum di atas, siapa tahu Anda ternyata sedang hamil muda Ladies.

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P (MeetDoctor)

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading