Sukses

Beauty

Susu Low-Fat VS Susu Murni, Lebih Sehat Mana?

Jika bicara tentang minuman sehat, maka susu adalah salah satunya yang patut masuk ke dalam daftar minuman yang sehat. Namun sayangnya, banyak yang mengeluhkan kandungan susu yang kaya lemak. Kalori dalam susu meningkat karena adanya lemak di dalamnya. Masalah inilah yang kemudian memunculkan susu rendah lemak atau low-fat milk.

Susu rendah lemak dibuat dengan cara memisahkan kandungan lemak dari susu dan pembuangan lemak ini juga ikut menghilangkan beberapa nutrisi di dalamnya seperti beberapa mineral dan vitamin. Seperti dikutip dari fitday.com, ada beberapa efek positif dan negatif jika minum susu low-fat, seperti berikut ini

    Kesehatan kardiovaskuler

    Kelemahan terbesar minum susu murni/biasa adalah kandungan lemak jenuhnya yang tinggi. Secangkir susu biasa bisa memenuhi separuh kebutuhan lemak harian Anda, selain itu juga tinggi kolesterol. Hal ini bisa meningkatkan potensi penyakit stroke dan serangan jantung. Untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan, lebih baik minum susu murni/biasa dan untuk orangtua lebih baik yang rendah lemak untuk mencegah penumpukan kolesterol.

    Penyerapan kalsium

    Yang menjadi kelebihan susu murni/biasa adalah kandungan kalsiumnya yang tinggi. Namun jika kandungan lemak dikurangi, maka tubuh akan menyerap kalsium lebih baik, dalam hal ini susu rendah lemak lebih baik dibanding susu murni. Sebuah penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa lemak jenuh dalam susu dapat menghambat penyerapan kalsium dalam usus Anda.

    Kesuburan dan risiko kanker

    Sebuah penelitian pada tahun 2006 menunjukkan bahwa minum susu low-fat/rendah lemak/susu skim dapat mengganggu kemampuan seorang wanita berovulasi sedangkan asupan makanan susu murni/berlemak tinggi dapat meningkatkan kesuburan wanita. Bahkan terlalu sering minum susu low-fat atau susu skim bisa meningkatkan potensi kanker payudara pada perempuan dan kanker prostat pada pria.

Jadi, baik susu low fat/skim/rendah lemak maupun susu murni/biasa memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing yang bisa dipertimbangkan dalam kesehatan. Tergantung Anda lebih suka minum yang mana asal Anda juga mempertimbangkan kondisi kesehatan tubuh Anda.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading