Sukses

Beauty

Makan Beralas Daun Pisang, Ini Manfaat Sehat Dan Kelebihannya

Sebagai orang Indonesia, Anda pasti sudah tidak asing dengan santapan makanan tradisional yang dihidangkan dengan alas daun pisang. Selain kesan alami dan nyaman, makan dengan alas pisang ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan lho.

Seperti dilansir dari healthmeup.com, ada beberapa manfaat makan dengan menggunakan alas daun pisang, antara lain adalah

    Sehat

    Daun pisang mengandung senyawa nabati bernama polifenol epigallocatechin gallate, seperti yang ditemukan dalam daun teh hijau. Polifenol ini merupakan antioksidan kuat alami yang menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit.

    Makanan yang ditaruh di atas daun pisang akan menyerap polifenol dari daun sehingga Anda bisa menyerap nutrisi tersembunyi dari daun pisang tersebut. Bahkan daun pisang juga diklaim memiliki sifat antibakteri yang mencegah timbulnya penyakit atau gangguan pencernaan.

    Menambah nikmat makanan

    Daun pisang memiliki lapisan lilin alami yang tidak berbahaya untuk tubuh. Justru lapisan lilin tersebut akan menambah nikmat rasa makanan dan meningkatkan nafsu makan untuk Anda yang susah makan. Makanan panas atau hangat akan melelehkan lilin dan bercampur dengan makanan.

    Higienis

    Daun pisang hanya perlu dibersihkan dengan lap kain bersih basah untuk bisa digunakan. Jika Anda ragu dengan kebersihan suatu tempat makan, lebih baik Anda memilih makan dengan beralaskan daun pisang karena lebih bersih dari piring biasa. Ini karena daun pisang memiliki sifat antibakteri yang mencegah terjadinya penyakit.

    Ramah lingkungan dan praktis

    Daun pisang juga sangat praktis dan ramah lingkungan. Ini merupakan kelebihan utama makan dengan daun pisang. Anda tidak perlu mencuci piring dan langsung membuang daun pisang setelah makan. Daun akan kering dan menyatu sendiri dengan alam. Tidak berisiko merusak lingkungan, kan?

    Bebas bahan kimia

    Daripada tempat makan plastik, styrofoam, dan kertas minyak, daun pisang lebih natural dan bebas risiko keracunan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Daun pisang tidak berisiko meningkatkan serangan kanker karena pengaruh bahan kimia sebagai wadah makanan.

Jadi, ingin lebih sering memanfaatkan daun pisang sebagai alas makan Anda? Yuk lebih sehat dan alami dengan melestarikan budaya makan Indonesia yang sopan ini Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading