Sukses

Beauty

Tips Menjaga Kesehatan dengan Makan Daging

Pola makan seperti apakah yang menjadi favorit Ladies? Mengkonsumsi sayuran saja, buah-buahan, daging, ikan, atau semuanya? Berbagai jenis makanan dibuat bukan tanpa alasan lho, Ladies. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa setiap bahan makanan, khususnya yang alami, pasti memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda dan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Bagaimana jadinya jika seseorang kekurangan protein karena hanya mengkonsumsi satu jenis makanan saja? Atau mengalami gangguan fungsi tubuh karena asupan nutrisi makanan yang tidak seimbang? Tentu tidak mau kan, Ladies?

Menjawab mitos tertentu yang mengatakan bahwa vegetarian selalu lebih aman dan memiliki resiko lebih rendah untuk mengalami gangguan kesehatan, berikut adalah alasan mengapa seseorang juga perlu mengkonsumsi daging, ikan, atau sumber-sumber protein hewani lainnya.

Protein hewani yang terdapat pada daging mengandung zat besi tinggi. Zat besi ini berguna untuk menghasilkan dua hal penting untuk tubuh, yakni hemoglobin dan myoglobin. Hemoglobin berfungsi untuk mengedarkan oksigen ke dalam darah yang mengalir ke seluruh bagian tubuh, sementara myoglobin terletak di jaringan otot tubuh dan berfungsi untuk menangkap dan melepaskan oksigen dalam darah.

Memang benar bahwa beberapa sayuran, seperti sawi, bayam, dan sayuran hijau lainnya, mengandung zat besi tinggi. Namun, tak semua zat besi yang terkandung di dalamnya akan sangat mudah diserap oleh tubuh. Untuk mengatasinya, menurut World Health Organization, mengkonsumsi daging dapat membantu menyeimbangkan atau menambah jumlah zat besi yang diserap tubuh. Menurut National Institute of Health, sumber-sumber zat besi pada daging dapat diperoleh dari daging sapi, babi, unggas, ikan, kalkun, kerang, dan tiram.
Jadi, mengkonsumsi keduanya, baik sayur maupun daging, sama-sama penting lho, Ladies.

Oleh: -Tys-

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading