Sukses

Parenting

Live Tweet Seru Membahas Kesuburan Dan Kehamilan Wanita Bersama MeetDoctor

Wanita memang memiliki tubuh berbeda dari pria yang memungkinkan lebih seringnya terserang penyakit. Bukan hanya kesehatan fisik saja yang perlu diperhatikan, namun kesehatan hormonal juga sangat penting diperhatikan seperti kehamilan dan kesuburan. Nah, kemarin tanggal 28 Januari 2015 Vemale baru saja melakukan live tweet membahas hal yang sama dengan MeetDoctor bersama dr. Carmellia, SpOG.

Ini dia pertanyaan dari Vemalis dan jawaban dari MeetDoctor

1. @Rumput_Alang2 : Kenapa tiap bulannya jika saya haid, lama. Hampir 1 bulan dan darah yang keluar pun kehitaman.
Jawaban : pendarahan menstruasi yang normal rata-rata 2 - 12 hari. Jika mens lebih dari lama waktu tersebut memang perlu pemeriksaan kandungan. Penyebab kelainan lamanya mens bisa disebabkan ketidakseimbangan hormonal, kelainan hematologi, kelainan pada rahim atau indung telur seperti mioma, kista atau kanker (keganasan).

2. @Rumput_Alang2 : Dan saya sudah menikah selama 1 tahun. Apakah karena haid saya yang kurang teratur sehingga belum bisa hamil?
Jawaban : bila kita menstruasi teratur setiap bulan bisa di bilang 80-90% kesuburan cukup baik. Bila menstruasi tidak teratur memang ada penurunan kesuburan. Bagus atau tidak nya rahim dan indung telur dapat di liat dengan USG.

3. @Rumput_Alang2 : Apa ada makanan khusus yang harus di konsumsi untuk menjaga kesuburan? Tolong solusinya yah
Jawaban: sebenarnya tidak ada makanan khusus untuk menjaga kesuburan. Tetapi keseimbangan hormonal bisa di pengaruhi dari pola makan. Berat badan di jaga jangan overweight, banyak makan sayuran dan buah-buahan

4. @ierosid : Pagi Dok, saya 25 tahun dan sudah 5 tahun nikah, usia kandunganku 2 bulan, tapi keputihan terus, gimana ya Dok?  
Jawaban: Keputihan pasti dialami oleh ibu hamil karena perubahan kenaikan kadar hormon kehamilan. Keadaan daerah kelamin ibu hamil akan lebih lembab, oleh karena itu perlu dijaga dengan tidak memakai celana ketat, tidak memakai panty liner (pembalut), sering ganti celana dalam dan kalau disertai dengan rasa gatal, warna cairan kehijauan atau ada berbau segera periksakan ke dokter

5. @sartika_mcendra: Apa benar kista, miom, endometriosis muncul karena tidak ada pembuahan pada rahim?
Jawaban: adanya kista, mioma dan endometriosis tidak disebabkan oleh karena tidak ada pembuahan. Kelainan di atas bisa muncul karena pengaruh hormon, genetik dan imunologis

6. @lunetaaurelia : Apakah penyakit Menoragia dapat di sembuhkan?
Jawaban: menorhagi adalah jumlah darah menstruasi yang lebih banyak dari normal. Penanganannya tergantung dari penyebabnya, dari menorhagi itu. Bisa karena gangguan hormonal atau kelainan di rahim

7. @miss_gita : Bagaimana cara menghitung masa subur?
Jawaban: Menghitung masa subur pada wanita bisa di kira-kira, yaitu mulai hari ke-10 sampai hari ke-17, tergantung juga dari keadaan dan kondisi badan dan siklus menstruasi.
 
Jangan lupa ikuti terus live tweet konsultasi kesehatan yang diadakan setiap hari Rabu dengan tema yang berbeda namun masih seputar kesehatan. Caranya follow dulu akun twitter Vemale @Vemaledotcom dan silakan bergabung di #AskVemale. Pertanyaan Anda akan dijawab oleh para ahli dari @meetdoctor.com. Jangan sampai terlewatkan ya Ladies?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading