Sukses

Beauty

Selamat Hari Gizi Dan Makanan! Ini 5 Makanan Wajib Kaya Gizi Untuk Wanita

Setiap tahunnya, Indonesia memperingati hari Gizi dan Makanan yang jatuh pada tanggal 25 Januari. Tepat hari ini juga, Anda perlu membiasakan hidup sehat dengan cara mengutamakan makanan kaya gizi yang akan menjaga tubuh dari penyakit, membuat Anda awet muda dan langsing. Nah, siapa yang tidak mau dengan semua tawaran seperti itu?

Dilansir dari prevention.com, berikut ini ada beberapa makanan kaya gizi yang sangat baik dikonsumsi wanita, bukan hanya menjaga kesehatan dan diet saja, namun juga untuk menjaga kecantikan alami wanita. Ini dia daftar lengkapnya.

    Telur

    Telur merupakan sumber terlengkap dari banyak sekali nutrisi esensial yang sulit didapatkan dari makanan lain, termasuk salah satunya adalah kolin yang dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita. Satu kuning telur bisa memenuhi kebutuhan kolin harian wanita dewasa sekitar 25%.

    Bukan hanya itu, telur juga kaya antioksidan yang mencegah gangguan mata degenerasi makular dan katarak. Meski memang kuning telur memiliki banyak kolesterol, namun jika Anda tidak memiliki masalah dengan penyakit jantung dan kolesterol, aman-aman saja makan 2 butir telur setiap harinya.

    Plain Yogurt

    Yogurt tanpa rasa, atau greek yogurt adalah pilihan yang sangat baik untuk wanita karena kaya kalsium, protein dan bakteri yang mampu meningkatkan sistem imun dan membantu keberhasilan diet. Yogurt sangat dibutuhkan untuk wanita menjelang menopause karena tubuh akan banyak kehilangan kalsium pada tulang seiring bertambahnya umur.

    Ikan Salmon dan Tuna

    Ikan laut memiliki banyak asam lemak omega-3 daripada ikan air tawar, apalagi jika Anda memilih salmon dan tuna. Kedua ikan tersebut adalah sumber terbaik asam omega-3 dan vitamin D yang akan menjaga kesehatan jantung, menjaga kehalusan kulit dan meningkatkan mood Anda saat PMS datang.

    Daging Merah

    Wanita lebih rentan mengalami anemia daripada pria karena kekurangan banyak zat besi dalam darah, apalagi saat menstruasi. Untuk memenuhi kebutuhan zat besi, daging merupakan sumber zat besi yang dibutuhkan wanita. Selain itu juga kaya protein dan omega-3. Tentu saja tidak boleh makan banyak-banyak, jika Anda tidak mau terkena masalah kolesterol. Pilih daging tanpa lemak agar lebih sehat.

    Kedelai

    Selain kaya protein, kedelai juga kaya serat, vitamin dan isoflavon yang dibutuhkan wanita untuk mencegah kanker payudara. Estrogen yang dibawa kedelai mampu menurunkan risiko kanker payudara dan mengendalikan fluktuasi hormon saat menopause. Anda bisa makan tahu, tempe, edamame, kedelai rebus atau susu kedelai.

Jadi, rayakan Hari Gizi dan Makanan hari ini dengan mengonsumsi makanan bergizi untuk para wanita ini ya Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading