Sukses

Beauty

Selain Menjaga Ginjal, Ini 3 Manfaat Sehat Lobak Putih Lainnya

Bagi Anda yang suka makan sayur, Anda pasti tidak asing dengan sayur berwarna putih bernama lobak. Meski mungkin tidak sepopuler sayur kangkung atau bayam, namun lobak juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang tidak bisa diragukan.

Seperti dilansir dari stylecraze.com, ada banyak manfaat lobak putih untuk tubuh, beberapa di antaranya adalah menjaga kesehatan ginjal dan sistem pembuangan urin, membantu menyembuhkan dari gigitan serangga, mengontrol tekanan darah dan melancarkan pencernaan.

    Detoksifikasi

    Lobak putih merupakan sayur umbi-umbian yang memiliki banyak air dan sangat baik untuk detoksifikasi tubuh. Kandungan air dalam lobak membantu meluruhkan racun dan zat sisa di dalam tubuh terutama di dalam perut dan hati, sekaligus juga membantu membuang racun di dalam pembuluh darah.

    Mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih

    Sayur yang memiliki tekstur crunchy atau renyah ini juga terkenal baik membantu membersihkan sistem pembuangan air seni. Sifat diuretik seperti ini akan mencegah timbulnya batu ginjal atau pengkristalan air seni di dalam saluran pembuangan, mencegah segala jenis infeksi dan mengeluarkan racun berlebih di aliran darah.

    Menjaga tekanan darah

    Lobak putih kaya akan potasium, sekaligus serat dan menjaga kadar kolesterol dalam darah. Hal ini sangat baik juga dalam menjaga tekanan darah agar tidak melonjak. Bahkan lobak mentah bisa dibuat ekstrak atau dioles begitu saja ke bagian kulit yang digigit serangga karena memiliki sifat anti-radang yang membantu menghilangkan nyeri dan bengkak.

 Jadi, meskipun memang tidak begitu populer, namun jangan ragu membeli jika menemukan lobak putih di pasar dan mengolahnya menjadi sup yang lezat.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading