Sukses

Parenting

Bunda, Inilah Cara Membuat Bayi Nyaman Saat Diganti Popoknya

Bagi sebagian Bunda, mengganti popok bayi merupakan kegiatan yang tidak mudah. Tidak jarang, si buah hati rewel dan menangis ketika popoknya diganti. Perlu kita ketahui, mengganti popok dengan cara yang salah, bisa menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Popok yang terlalu lama tidak diganti, juga bisa menimbulkan tumbuhnya bakteri dan virus. Meskipun mengganti popok bukan suatu hal yang mudah dilakukan, Anda dapat membuat bayi ataupun diri Anda sendiri fun saat menggantikan popok. Dilansir dari mom365.com, inilah cara membuat bayi tetap fun saat diganti popoknya.

    Perdengarkan Musik

    Ketika mengganti popok bayi, cobalah untuk memutar musik kesukaan bayi. Anda juga dapat menyanyikan lagu seperti "cicak-cicak di dinding" atau "anakku sayang". Keberadaan musik dan irama lagu, bisa membuat bayi Anda lebih rileks dan tenang saat diganti popoknya

    Siapkan Mainan

    Mainan merupakan benda yang tidak terlepas dari keseharian bayi. Saat mengganti popok, usahakan memegangkan mainan ke tangan bayi.  Atau, Anda dapat meletakkan mainan di samping bayi. Dengan mainan, perhatian si buah hati yang sedang diganti popoknya dapat teralihkan. Dia juga dapat bermain dengan nyaman, senang, juga tenang. Hal ini bisa mempermudah Bunda saat mengganti popok.

    Lupakan Ponsel Sejenak

    Pada saat mengganti popok bayi, usahakan untuk melupakan dan meletakkan ponsel Anda. Usahakan untuk menjauhkan ponsel dari buah hati, terutama ketika ia tertidur. Radiasi pada ponsel tidak sehat untuk kesehatan bayi, begitu pula ketika mengganti popok. Tinggalkan ponsel Anda sejenak, dan prioritaskan untuk mengganti popok si buah hati.

    Handuk Atau Lap

    Selalu siapkan handuk atau lap untuk mengusap bagian kulit bayi yang basah karena popok. Pilihlah handuk dan lap dengan tekstur halus. Lap yang kasar, bisa membuat kulit bayi terluka. Untuk lebih mudah membersihkan kulit bayi yang terkena popok atau kotoran bayi, Bunda dapat menggunakan tisu basah sebagai lap.

    Pastikan Ganti Popok Dengan Terorganisir

    Ketika mengganti popok, pastikan Anda melakukannya dengan teroganisir. Anda dapat menentukan kapan mengambil tisu, kapan mengambil popok yang kotor, dan kapan memakaikan popok baru untuk si buah hati.  Siapkan segala bahan yang diperlukan ketika mengganti popok. Dan pastikan, benda tersebut berada di dekat Anda.

    Lakukan Sepenuh Hati

    Lakukan sepenuh hati ketika mengganti popok si kecil. Cobalah untuk menyukai aroma popok bayi Anda. Jika Anda terpaksa tidak menyukai aromanya, mengusapkan minyak kelapa atau minyak telon ke tubuh bayi dapat dilakukan. Hal ini akan menyamarkan aroma tidak sedap dari popok kotor bayi. Namun ingat, apapun yang digunakan untuk bayi, pastikan itu adalah sesuatu yang ramah dan aman.

Itulah beberapa cara untuk mengganti popok bayi. Selain lebih nyaman, bayi juga dapat lebih rileks dan tenang saat diganti popoknya. Bagaimana Bunda, mudah bukan?

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading