Sukses

Beauty

Awas, Potensi Besar Kanker Usus Besar Usia 20 Tahun Ke Atas

Ladies, siapa yang suka terkena penyakit bernama kanker? Apapun jenis kankernya dan menyerang organ tubuh mana pun, hal itu tidak pernah menjadi berita baik, salah satunya adalah kanker usus besar. Merupakan bagian dari sistem pencernaan, usus besar memang cukup rentan mengalami penyakit dan berkumpulnya bakteri.

Berdasarkan www.medicalnewstoday.com, jumlah kasus kanker kolorektal atau kanker usus besar pada orang berusia 50 tahun ke atas sudah menurun, namun justru angka terserang kanker usus besar meningkat pada mereka dengan usia 20-49 tahun, dan bahkan mungkin sekali akan meningkat dalam kurun waktu 15 tahun ke depan.

Hal ini mungkin ada pengaruhnya dengan rekomendasi dokter untuk para orang tua usia di atas 50 tahun untuk melakukan screening colonoscopy yang pada saat itu memiliki angka tertinggi terserang kanker usus besar. Screening colonoscopy sendiri merupakan pendeteksian awal untuk kanker usus besar sehingga mereka bisa lebih berhati-hati dan lebih aktif dalam menjalankan pola hidup sehat.

Berbeda hal dengan mereka yang berusia di bawah 50 tahun yang tidak mendapat saran untuk melakukan screening atau tes untuk deteksi kanker usus besar, sehingga insiden infeksi meningkat tanpa diketahui sebelumnya. Terjadinya kanker usus besar dipicu oleh berbagai faktor antara lain kurangnya aktivitas fisik, obesitas, serta pola makan yang buruk.

Di Indonesia sendiri belum diketahui secara pasti berapa banyak persentase kanker usus besar pada orang tua di atas 50 tahun dan usia dewasa muda antara 20-49 tahun. Namun apa salahnya lebih berhati-hati, memeriksakan diri ke dokter dan mulai hidup sehat Ladies?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading