Sukses

Lifestyle

Waspada Racun pada Ikan Buntal

Ikan buntal, mungkin beberapa dari Ladies ada yang sudah sering mendengarnya, ada pula mungkin yang belum pernah mendengar. Bagi Ladies yang gemar mengkonsumsi ikan buntal, mulai sekarang harus mengurangi untuk memakannya. Karena sebagaimana dilansir dalam laman suprememastertv.com bahwa ikan buntal secara alami memiliki tetrodotoxin dalam tubuhnya.

Tetrodotoxin merupakan salah satu racun alam yang paling fatal dan 10.000 kali lebih berbahaya daripada sianida. Meskipun orang dewasa hanya mengkonsumsinya sebanyak 0,001 miligram, tetap saja bisa berakibat fatal.

Tingkat kematian akibat keracunan tetrodotoxin diperkirakan sebesar lebih dari 50%, dan hingga saat ini belum ada penawarnya. Memasak ataupun mendinginkan ikan tidak akan bisa menghilangkan kandungan racunnya dan jumlah racun yang ada dalam satu ekor ikan Buntal dapat membunuh 30 orang usia dewasa.

Tetrodoxin bisa sangat mematikan Ladies. Saat ini, tidak ada cara tepat menyembuhkannya selain dari bentuk bantuan pertama, atau berusaha mengeluarkan racun tersebut dari perut korban hingga tidak ada sisa.

Pada beberapa kasus Ladies bisa mengkonsumsi arang aktif yang bisa menyerap racun dan mencegahnya terbawa ke dalam perut dan usus. Namun jika meminum dalam dosis besar dapat berakibat fatal.

Tetrodotoxin memblok protein pada syaraf yang bernama saluran sodium. Proteinitulah yang membuat ion sodium menuju membran syaraf dan itulah bagaimana kita menciptakan listrik biologi dalam badan kita. Jadi tentu saja jika saluran sodium tersebut ditutup maka akan mencegah listrik biologis bekerja. Sistem syaraf dan jaringan lainnya seperti otot Ladies akan dimatikan. Dan oleh karena itu, dapat menimbulkan kematian bagi Ladies.


Oleh: Azizah Fadhilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading