Sukses

Beauty

Antioksidan untuk Kulit dalam Ketela Rambat

Ketela rambat atau ubi jalar ialah salah satu sumber makanan pokok sebagian penduduk Indonesia. Siapa sangka, kandungan umbi terkenal ini tidak hanya sebatas karbohidrat saja. Berbagai manfaat dapat diperoleh dari tanaman menjalar ini tidak hanya untuk kesehatan alat pencernaan dan berbagai organ tubuh, namun juga kulit.

Berdasarkan jenis, kondisi tanah serta iklim dan mineral tempat budidayanya, ketela rambat memiliki beberapa warna seperti putih, kuning, ungu dan merah. Secara umum, semua ketela rambat mengandung antioksidan yang tinggi untuk membantu mencerahkan kulit serta menjaganya dari radikal bebas. Akan tetapi, jenis ketela rambat ungu paling kaya manfaat karena mengandung betakaroten dalam kadar tinggi. Kulit serta dagingnya yanbg berwarna ungu menandakan banyaknya antioksidan yang terkandung di dalamnya. Semakin pekat warna ungu tersebut, semakin pekat pula kadar antioksidannya.

Terdapat sedikit fakta mencengangkan bahwa kandungan gizi ketela rambat lebih tinggi dari kentang. Hal ini disebabkan kandungan serat ketela rambat yang sangat tingi. Selain itu, indeks gikemik tanaman ini pun cenderung rendah. Dalam 100 gr ketela ungu, terdapat energi, protein, lemak, kalori, karbohidrat, kalsium, fosfor, mineral, zat besi, vitamin A. Vitamin B1 ketela ungu mengandung antioksidan komplit, yaitu 14 mg betakaroten, 28 mg vitamin C dan 6 IU vitamin E.

Oleh: Rana Arinda

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading