Sukses

Lifestyle

Mengenal Jenis Ikan Air Tawar (part 9)

Banyak jenis ikan di dunia ini dengan bentuk yang bermacam-macam sehingga menjadikan setiap ikan memiliki ciri tertentu yang bisa dibedakan dengan ikan lainnya, tidak terkecuali ikan air tawar yang satu ini Ladies.

Belut, seperti dikutip dari laman en.wikipedia.org, merupakan salah satu jenis ikan berbentuk mirip ular dengan tubuh yang licin tidak bersisik. Tubuhnya yang panjang bulat ini seringkali disalah kenali oleh beberapa orang yang tidak familiar dengan belut.

Hidupnya biasa di sawah dan rawa atau aliran sungai kecil yang bersih. Panjang tubuhnya bisa mecapai 150 cm namun kebanyakan tidak sampai sepanjang itu. Sebagai jenis ikan, belut tidak memiliki sirip sama sekali dan juga tidak punya insang di samping tubuh seperti layaknya ikan. Matanya pun buta dan biasa menggali lubang di lumpur sebagai tempat hidup.

Kebanyakn jenis belut bisa bernafas dengan udara dan mampu bertahan hidup terhadap air berkadar oksigen rendah. Ia akan berada di dalam ‘rumah’nya selama musim kemarau dan keluar saat musim penghujan.

Selama hidupnya, belut mengalami pergantian kelamin atau hemaphrodit. Saat masih muda, kebanyakan kelamin yang dimiliki adalah betina, namun ketika dewasa akan berubah menjadi jantan. Jadi, jika Anda membeli belut di pasar dengan ukuran yang cukup besar atau dewasa, bisa dipastikan 90-100% dari mereka adalah jantan.

Cara mengolah belut tidak begitu susah kok Ladies, kebanyakan belut akan digoreng dan dimakan begitu saja, dan ketika digoreng tubuhnya akan menggeliat melengkung karena beberapa sarafnya masih berfungsi.

Oleh: Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading