Sukses

Beauty

Kandungan Nutrisi Penting dalam Ketela Pohon (part 4)

Satu tips yang mungkin berguna saat mengolah ketela pohon adalah dimasak hingga benar-benar matang, Ladies. Hal ini akan menghilangkan racun di dalam umbi singkong yang akan membahayakan Anda.

Meski mungkin agak mengerikan karena singkong ternyata juga mengandung racun, namun umbi ini termasuk yang sangat baik dalam mendukung program diet Anda. Tidak hanya itu, seperti dilangsir dari laman healthyeating.sfgate.com, ketela pohon merupakan sumber yang baik dari mineral seperti kalsium, fosfor, mangan, magnesium, besi dan kalium.

Mineral-mineral tersebut diperlukan tubuh untuk pertumbuhan dan menjalankan fungsi jaringan tubuh Anda. Seperti misalnya kalsium, mineral ini diperlukan untuk tulang dan gigi yang kuat, sedangkan zat besi membantu dalam pembentukan protein hemoglobin dan mioglobin dalam sel darah merah yang akan membawa lebih banyak oksigen ke jaringan tubuh Anda.

Fosfor memiliki peran sebagai pemberi energi agar dapat melakukan penghancuran lemak dan pati, sebagai penunjang kalsium dalam memperkuat kesehatan gigi dan gusi, dan untuk sintesa DNA. Sedangkan mangan atau tembaga membantu dalam pembentukan tulang, jaringan ikat, mendukung fungsi saraf yang sehat dan mengontrol hormon seks.

Magnesium diketahui juga dapat meningkatkan kesehatan seumur hidup dengan menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko osteoporosis, dan kalium diperlukan untuk sintesis protein dan membantu dalam pemecahan karbohidrat.

Bahkan singkong juga bebas dari gluten, yaitu semacam protein yang membantu mengentalkan dan mengenyalkan adonan roti agar elastis. Jadi, jika Ladies alergi dengan gluten, maka mengonsumsi singkong tidak akan membuat Anda gatal-gatal dan tidak membahayakan kesehatan Anda.

Oleh: Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading