Sukses

Beauty

Kandungan Nutrisi Penting dalam Ketela Pohon (part 3)

Salah satu tips yang perlu Anda ketahui sebelum mulai mengonsumsi ketela pohon atau singkong adalah tidak boleh dimakan mentah. Tidak seperti umbi lain seperti wortel, lobak atau bengkuang, umbi yang satu ini tidak bisa dimakan mentah, Ladies.

Hal ini dikarenakan adanya sejumlah racun glikosida sianogen yang dikhawatirkan akan berakibat tidak baik untuk tubuh Anda seperti penyempitan kerongkongan, mual, muntah, dan sakit kepala, bahkan di beberapa kasus bisa lebih parah. Namun hal ini tidak menutupi manfaat serta nutrisinya yang lengkap dalam memenuhi kebutuhan harian Anda, Ladies.

Berdasarkan kutipan dari www.livestrong.com, selain dapat mencegah sembelit dan diare karena seratnya yang tinggi, ketela pohon juga sangat baik untuk penderita diabetes dan memiliki kandungan vitamin yang mampu meningkatkan perlindungan dari penyakit kardiovaskuler dan kanker.

Untuk yang menderita penyakit diabetes, makan singkong rebus adalah pilihan baik untuk menjaga stabilitas kadar gula darah karena glukosa di dalam singkong cukup aman dan tidak mempengaruhi kadar glikemik Anda. Justru sebaliknya, singkong yang kaya serat dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Selain itu, singkong juga menawarkan manfaat kesehatan dengan adanya vitamin C dan vitamin B9 atau asam folat. Asam folat sangat dibutuhkan paling banyak oleh ibu hamil karena selain akan melindungi tubuh terhadap kanker usus besar, juga mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan.

Sedangkan vitamin C dikenal dengan kemampuannya yang antioksidatif dan menjaga kekuatan kekebalan tubuh, serta menawarkan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan beberapa jenis kanker.

Jadi, sudah mulai menyukai singkong sekarang Ladies? Karena bukan hanya rasanya saja yang lezat, Anda juga bisa memetik manfaat sehat dari sumber makanan yang satu ini.

 Oleh: Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading