Sukses

Beauty

Kandungan Nutrisi Penting dalam Ketela Pohon (part 2)

Meskipun banyak orang yang menganggap remeh singkong karena identik dengan makanan orang pedesaan yang miskin, namun jangan biarkan Anda juga jatuh dalam anggapan tidak benar itu, Ladies. Karena tidak seperti yang dianggap banyak orang , singkong justru memiliki standard tinggi dalam hal nutrisi.

Seperti dilangsir dari laman healthyeating.sfgate.com, bahwa singkong atau ketela pohon adalah sumber makanan pengganti nasi yang tidak hanya kaya akan karbohidrat, namun juga kaya akan saponin dan bebas gluten sehingga baik dalam menunjang kesehatan tubuh.

Jika Anda ingin diet dan kebetulan mempunyai aktivitas yang padat seharian dan masih ditambah olahraga, maka singkong adalah pilihan tepat untuk mengganti asupan karbohidrat utama berupa nasi. Karena kegiatan-kegiatan yang Anda lakukan tersebut akan menguras banyak glikogen, yaitu bentuk turunan glukosa yang disimpan di dalam otot, maka dibutuhkan karbohidrat kompleks yang akan bertahan lama di dalam otot.

Umbi dengan kulit berwarna cokelat ini merupakan sumber saponin, yaitu suatu phytochemical yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan membantu mengikat kolesterol dengan asam empedu, sehingga mencegahnya diserap oleh usus kecil yang akan berakibat buruk untuk tubuh dan mengeluarkannya melalui sistem pembuangan.

Efek antioksidan dari saponin juga dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas. Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa saponin dapat membantu mencegah kanker.

Jadi, jika singkong dianggap makanan tak bermutu, maka Anda salah besar. Justru dari sinilah solusi dari masalah berat badan Anda akan terjawab.

Oleh: Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading