Sukses

Parenting

IUD Bisa Cegah Kanker Serviks, Benarkah?

Menggunakan KB memang bertujuan untuk mengontrol kehamilan. Salah satu yang paling sering digunakan belakangan ini adalah IUD atau Ultrauterine Device yang juga umum disebut dengan KB spiral. Selain mencegah kehamilan, IUD ternyata memiliki manfaat lain yang menguntungkan penggunanya.

Dijelaskan oleh MeetDoctor.com, manfaat lain dari KB spiral ini didasarkan didasarkan penelitian Institut Catala d’Oncologia di Catalonia, Spanyol, yang dipublikasikan dalam jurnal kesehatan The Lancet Oncology. Penelitian yang melibatkan lebih dari 20 ribu wanita dan berlangsung selama 10 tahun ini menyimpulkan bahwa KB IUD dapat mengurangi risiko kanker serviks dan kanker endometrium.

Dari hasil penelitian tersebut, kanker serviks tipe squamous­cell carcinoma turun sebanyak 44%. Sedangkan untuk tipe adenocarcinoma dan adenosquamous carcinoma menurun sebanyak 54%. Yup, boleh dikatakan, penderita kanker serviks turun secara signifikan.

"Data penelitian menunjukkan para wanita yang menggunakan IUD mengalami penurunan risiko kanker serviks secara siginifikan,” ujar Xavier Castellsague, PhD., salah satu peneliti dalam riset tersebut.

Kemungkinan besar hal ini bisa terjadi karena IUD yang ditanam di dalam rahim bisa menyebabkan respons radang yang dapat mencegah bahkan menghilangkan Human papillomavirus (virus HPV) sebagai infeksi virus utama penyebab kanker serviks.

Namun, sayang sekali banyak dari Anda yang masih takut untuk menggunakan KB IUD. Padahal, sudah terbukti dapat mencegah kanker serviks lho Ladies. Anda tak perlu khawatir lagi untuk menggunakan KB IUD sebab saat ini IUD sudah didesain lebih aman sehingga tidak akan melukai organ tubuh.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading