Sukses

Lifestyle

Memaksimalkan Zat Gizi Pada Sayuran Saat Dimasak

Banyak keuntungan dari memasak sendiri dibanding membeli makanan di luar. Selain hemat, Anda juga dapat mengukur dan memilih sendiri bahan yang akan Anda makan bersama keluarga. Anda pun dapat memberikan nutrisi yang lebih baik bagi keluarga. Misalnya dengan menerapkan trik-trik untuk memaksimalkan zat gizi pada sayuran seperti dilansir womansday.con berikut ini.

    Tambahkan sedikit minyak pada sayuran hijau

    Menambahkan sedikit minyak pada sayuran hijau yang akan dimasak akan membuat zat gizi pada sayuran tidak banyak yang hilang saat pemasakan. Minyak akan membantu agar zat gizi tetap dapat diserap tubuh.

    Diamkan bawang putih

    Setelah mengiris atau mencincang bawang putih, diamkan sejenak sebelum mengolahnya. Dengan demikian enzim dalam bawang putih akan bereaksi dan memproduksi zat anti-kanker.

    Potong besar

    Semakin besar potongan sayuran semakin sedikit zat gizi yang hilang saat pemasakan. Jika memungkinkan, masak sayur dalam keadaan utuh, belum dipotong.

    Rebus kentang dengan kulitnya

    Merebus kentang dengan kulitnya membuat vitamin C tidak mudah larut ke dalam air. Masak dalam wadah tertutup agar lebih cepat matang.

    Tidak berlama-lama memasak

    Semakin cepat sayur dimasak, semakin sedikit kesempatan zat gizi untuk hilang. Karena itu, hindari memanaskan sayuran berulang kali atau memasaknya dalam waktu yang lama agar zat gizi tetap ada di dalamnya.

Sayuran mengandung beraneka ragam vitamin, mineral, dan serat. Kandungannya kan lebih maksimal jika Anda memasaknya dengan cara yang benar. Selamat memasak!

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading