Sukses

Parenting

Tips Perawatan Operasi Caesar: Segera Basuh dan Keringkan Luka

Bunda, pemulihan dan perawatan operasi caesar sangat perlu Anda ketahui karena ini juga akan berpengaruh dalam menjalani aktivitas ke depannya. Banyak sekali yang perlu Bunda perhatikan, termasuk yang satu ini.

Seperti dilansir dari laman www.babycentre.co.uk, basuh dan keringkan luka setiap hari. Pembersihan luka bisa dilakukan saat mandi atau setelahnya dan bisa dilakukan dua hingga tiga kali sehari. Setelah luka dibersihkan, pastikan agar mejaganya tetap kering untuk menghindari terjadinya infeksi.

Tidak masalah sebenarnya jika Bunda membersihkan luka dengan sabun mandi. Hanya saja, pastikan bahwa Bunda juga membilasnya dengan bersih setelahnya.

Bunda bisa menggunakan kain yang lembut untuk membasuh dan mengeringkannya. Hindari menggosok luka operasi saat membersihkan ya Bun. Anda hanya perlu menepuk-nepuk pelan luka bekas jahitan operasi caesar agar tidak terasa sakit.

Jika menggunakan kain saja tidak bisa membuat luka jahitan cepat kering, Anda bisa menggunakan tisu yang lembut sebagai alternatifnya. Jangan lupa juga Bunda pastikan telah menggunakan kasa atau pembalut steril untuk menutupi luka dan menjaganya tetap kering.

Terkadang saat berkeringat, luka bisa menjadi basah dan bahkan gatal. Kalau ini terjadi, jangan sekali-kali digaruk ya Bunda, sekalipun memang terasa enak, apalagi jika digaruk di daerah sekitar pinggiran luka. Tapi, Bunda perlu menahan diri dan coba kipasi luka hingga kembali kering untuk menghindari menggaruknya.

Nah, itu tadi salah satu perawatan setelah operasi caesar. Jika terjadi masalah seperti merasa gatal atau bahkan infeksi sebaiknya segera periksakan ke dokter ya Bunda.

Dan stu lagi, selalu dan pastikan Bunda telah mencuci tangan hingga bersih sebelum menyentuh luka jahitan untuk menjaganya tetap higienis. Semoga lekas sembuh ya Bun!

Oleh : Anindya Febi

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading