Sukses

Parenting

Listeria Dalam Telur Bebek Bukan Bakteri Baik Untuk Kehamilan

Anda mengalami demam tinggi, kesulitan bernapas, muntah, lesu, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, pegal, mual, sakit perut dan diare saat hamil? Anda sebaiknya waspada karena hal-hal tersebut bisa saja bukan efek dari kehamilan, terlebih bagi Anda yang telah mengkonsumsi telur bebek berbakteri listeria. Untuk itu sebaiknya Anda lebih bijak dan sehar dalam mengolah telur bebek karena listeria dalam telur bebek bukan bakteri baik untuk kehamilan.

Dilansir dari laman food.detik.com, mungkin sekilas gejala-gejala penularan bakteri listeria hampir mirip dengan umumnya yang dialami oleh ibu hamil sehingga tidak menimbulkan kecurigaan dan tidak segera diberi penanganan. Padahal dampaknya sangat serius dan fatal yaitu keguguran, bayi lahir prematur atau terlalu cepat dari waktu yang sebenarnya dan bayi mungkin akan mati setelah dilahirkan.

Selain membahayakan kehamilan, listeria ternyata juga dapat menyebabkan infeksi seperti infeksi darah, infeksi tulang dan infeksi jantung/endokarditis. Yang termasuk dalam infeksi darah adalah bakteremia, peneumonia, meningitis dan osteomielitisatau.

Hal-hal tersebut bisa terjadi bila Anda mengkonsumsi telur bebek yang telah terkontaminasi oleh bakteri listeria. Dilansir dari laman bidanku.com pengontaminasian bisa terjadi melalui tanah dan air. Mulanya induk bebek memakan atau meminum air yang terdapat bakteri listeria. Akibatnya tubuh induk bebek tersebut akan terinfeksi bakteri dan pada akhirnya telur yang dihasilkannya pun terinfeksi pula.

Oleh: Yousika Nindiana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading