Sukses

Parenting

Tips Penting Bagi Penderita Diabetes Kehamilan

Gestational diabetes atau biasa disebut diabetes kehamilan sering membuat para ibu hamil kebingunan dengan pola makan mereka.
Tak jarang mereka panik saat dokter mengatakan sang ibu tengah mengalami diabetes kehamilan.

Penyakit ini disebabkan oleh placenta yang membuat produksi insulin terhambat, dan dialami oleh 18% ibu hamil. Jangan khawatir, kadar gula Anda dapat kembali normal, kok. Cobalah untuk mengikuti tips seperti dilansir Sheknows.com berikut ini agar Anda dan bayi tetap sehat hingga proses kelahiran selesai.

    Makan sedikit tapi sering

    Bagilah makanan Anda menjadi porsi-porsi kecil dan makanlah secara bertahap,tetapi teratur. Umumnya ibu hamil akan makan 5-8 kali sehari dengan porsi kecil. Porsi kecil akan membuat kadar gula darah naik sedikit demi sedikit saja dan tidak mengalami lonjakan. Selain itu, makan porsi kecil juga dapat mencegah Anda mual saat makan.

    Makanan sehat

    Jangan lupa untuk mengisi piring anda dengan makanan sehat selalu. Makanan sehat penting bagi kesehatan Anda dan kebutuhan janin. Makanlah lebih banyak sayur dan buah dari biasanya.

    Hitung karbohidrat

    Karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa di dalam tubuh, karena itu, sangat penting untuk menghitung jumlah karbohidrat dan gula yang masuk ke dalam tubuh anda saat mengalami gestational diabetes. Anda dapat mencari informasi tentang hitungan karbohidrat atau Carb Count dari dokter atau ahli gizi Anda.

    Cukupi kebutuhan cairan

    Mencukupi kebutuhan cairan dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Tetapi, hindari minuman manis atau dengan gula tambahan. Sebaiknya Anda meminum air putih 8 gelas sehari agar racun dalam tubuh terbuang dan kadar gula lebih terjaga.

Pastikan Anda selalu berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi untuk membantu mengatur pola makan Anda dan mengecek kesehatan Anda dan janin.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading