Sukses

Parenting

7 Hal yang Sering Membuat Wanita Hamil Merasa Tak Nyaman

Hamil bisa membuat wanita merasa bahagia dan menjadi wanita yang paling sempurna. Tapi kehamilan juga bisa membuat seorang wanita merasa tak nyaman karena terjadinya sejumlah perubahan dalam tubuhnya. Seperti yang dilansir oleh webmd.com, ada tujuh hal yang biasanya akan membuat seorang wanita hamil merasa tak nyaman. Apa sajakah ketujuh hal tersebut? Simak uraiannya di sini.

    Kentut yang Tak Bisa Dikontrol

    Secara umum setiap wanita hamil akan sering kentut. Penyebabnya adalah karena adanya perubahan hormon yang memperlambat saluran pencernaan. Wanita hamil akan kesulitan untuk mengontrol pengeluaran gas (kentut) karena kontrol terhadap otot-otot tubuh tidak sama seperti ketika belum hamil.

    Inkontinensia

    Ketika janin dalam rahim semakin berkembang dan uterus membesar, maka janin akan berada di atas kandung kemih. Akibatnya ibu hamil akan sering merasa ingin buang air kecil. Belum lagi ketika batuk, bersin, atau tertawa yang bisa membuat ibu hamil secara tidak sadar mengeluarkan urin meskipun hanya beberapa tetes saja.

    Tumbuhnya Rambut di Area Wajah

    Selama kehamilan, hormon sangat mempengaruhi tumbuhnya rambut di area-area yang tak diinginkan, seperti di wajah, payudara, dan perut. Sebagian besar ahli bedah plastik dan spesialis dermatologi biasanya bisa membantu menghilangkan rambut ini ketika sang ibu sudah melahirkan bayinya.

    Bau Tak Sedap

    Sejumlah wanita hamil memiliki bau yang kuat selama kehamilannya. Bau tak sedap bisa muncul karena makanan yang dikonsumsi seperti makanan laut dan daging unggas. Terkadang bau ini juga berasal dari Miss V, apalagi ketika sudah mendekati akhir kehamilan. Jika Anda mengalami hal ini, segeralah hubungi dokter karena siapa tahu ini disebabkan oleh keputihan yang butuh penanganan khusus.

    Hemoroid/Wasir

    Banyak ibu hamil yang mengalami wasir karena memiliki masalah dengan pencernaan. Untuk mencegah agar tak terkena wasir, usahakan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan serat dengan baik.

    Jerawat

    Selama trimester kehamilan pertama, seorang ibu hamil akan memiliki masalah dengan jerawat. Ini karena adanya hormon tambahan yang ada di dalam tubuh. Produk penghilang jerawat yang mengandung salicylic acid, benzoyl peroxide, dan azelaic acid cukup aman digunakan untuk ibu hamil dalam jumlah yang sedikit.

    Masalah dalam Hubungan Intim

    Ibu hamil biasanya akan mengalami kenaikan berat badan. Dan, hal ini bisa membuat seorang ibu hamil merasa tak nyaman saat berdekatan dengan suaminya.

Terlepas dari semua rasa tak nyaman yang dialami seorang ibu hamil, ketika sang buah hati akhirnya lahir ke dunia, perasaan bahagia yang membuncah akan membayar semuanya. Asalkan dijalani dengan penuh kesabaran dan dukungan dari orang-orang terdekat, masa-masa kehamilan pastinya akan menjadi masa yang penuh rasa bahagia.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading