Sukses

Lifestyle

Olahan Yogurt Dalam Berbagai Makanan Khas (3)

Selain Greek yogurt masih ada lagi lho olahan yogurt yang populer. Yaitu, Lassi dari India. Lassi cukup populer di negara Asia. Lassi merupakan sejenis minuman campuran yogurt dan rempah-rempah khas India.

Menurut langsiran dari laman food.detik.com, Lassi tradisional umumnya berasa asin dan sering disebut masyarakat sebagai minuman gurih. Lassi tradisional biasa dicampur dengan jinten. Di Punjab, Lassi biasa terbuat dari yogurt yang dicampur dengan air, gula serta rempah-rempah khas India lainnya untuk memperkaya rasa. Rempah yang sering dipakai sebagai bahan campuran Lassi adalah jinten ataupun bubuk kunyit, serta biasanya Lassi juga itambhakan sedikit garam dan rasanya mirip dengan minuman khas Turki dan Iran.

Sedangkan lassi modern, rasanya cenderung manis. Lassi yang berasa manis ini terbuat dari campuran yogurt, gula, air lemon atau air mawar serta jus buah strawberry. Jenis lassi ini sangat terkenal di kalangan masyarakat Pakistan dan biasa disebut Saffron Lassi.

Varian lassi manis lainnya adalah Makkaniya Lassi yang teksturnya mirip mentega serta mango Lassi. Manggo Lassi dibuat dari campuran air, yogur dan pulp mangga tanpa tambahan gula. Mango lassi biasanya disajikan saat dingin bersama dengan taburan kacang pistachio

Dalam kepercayaan agama Dharmik, lassi manis yang ditambahkan dengan madu disajikan untuk persembahan ritual keagamaan. Serta, lassi juga dipercaya juga sebagai obat Gastroenteritis atau radang usus dengan mencampurkannya dengan bubuk kunyit.

Oleh : Arinda Mita

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading