Sukses

Health

5 Manfaat Daging Bebek untuk Kesehatan, Tidak Selalu Penyebab Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Banyak orang pasti suka makan bebek goreng yang gurih lembut dengan rasanya yang khas lengkap dengan nasi putih hangat, sambal dan sayur lalapan. Tapi sayangnya reputasi daging bebek sepertinya tidak senikmat rasanya saat disantap, karena orang lebih sering mengaitkan makan daging bebek dengan kolesterol yang tinggi.  padahal daging bebek juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kira-kira apa saja manfaat makan daging bebek? Yuk simak berikut manfaat sehat ini.

 

1. Sumber protein tinggi

Daging bebek merupakan makanan sumber protein yang tinggi. Protein kita kenal sebagai salah satu bahan bakar tubuh yang punya banyak kegunaan, mulai dari membangun otot, memperbaiki sel-sel kulit, hingga membantu pembentukan sel-sel darah di dalam tubuh.

2. Kaya akan zat besi

Daging bebek merupakan salah satu sumber zat besi yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Konsumsi daging bebek dalam porsi cukup dapat memenuhi kebutuhan 50% zat besi yang tubuh dalam sehari. Zat besi merupakan mineral penting yang membantu membuat sel-sel darah yang sehat, membantu mengikat oksigen lebih baik dan bahkan menjaganya mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh. Zat besi juga dibutuhkan dalam menjaga fungsi otot dan bahkan meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Sumber selenium tinggi

Daging bebek juga memiliki kandungan mineral berupa selenium yang diketahui dapat menjaga kesehatan tiroid. Selenium juga dibutuhkan tubuh karena dapat membantu menangkal radikal bebas, meningkatkan imunitas tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung dan mengurangi gejala asma. Konsumsi dalam porsi yang cukup justru sangat baik untuk kesehatan.

4. Tinggi sodium

Sodium atau natrium juga menjadi senyawa yang banyak ditemukan pada daging bebek. Kandungan mineral ini berfungsi sebagai elektrolit, perannya penting dalam menjaga volume tekanan darah, mengatur tekanan osmosis sel, dan terutama membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh agar tidak dehidrasi. Bahkan sodium atau natrium penting dalam menjaga fungsi optimal otot karena diketahui membantu mengencangkan dan mengendurkan otot tubuh.

 

5. Kaya vitamin

Daging bebek ternyata juga mengandung banyak vitamin penting yang dibutuhkan tubuh vitamin E, niasin, vitamin K, vitamin A, dan vitamin B1 dan B2. Jika daging bebek diolah dengan cara yang benar, tidak dengan digoreng maka kandungan vitaminnya kemungkinan masih bisa dipertahankan sehingga bisa memenuhi kebutuhan tubuh dan menjaga fungsi metabolisme.

Itu dia beberapa kandungan nutrisi pada daging bebek sehingga memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. Jadi, jangan hanya menganggap daging bebek sebagai penyebab kolestrol saja ya, ternyata manfaat kesehatannya juga banyak lho.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading