Sukses

Parenting

Kandungan Gizi Dalam Susu Sapi (Part 4)

Susu sapi adalah salah satu jenis minuman yang paling banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh selain air putih. Di dalam susu sapi terdapat banyak zat yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kuat, terutama karena ada kandungan kalsium di dalamnya.

Komponen di dalam susu sapi sangat beragam. Dilansir dari bbppbatu.bppsdmp.deptan.go.id, beragamnya komposisi di dalam susu sapi disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: jenis ternak (genetika), waktu pemerahan, urutan pemerahan, musim, umur sapi, penyakit, makanan ternak dan beberapa faktor dari luar.

Komposisi susu dibagi menjadi dua bagian yaitu 87,25% berupa air dan 12,75% berupa zat padat, di mana zat padat dibagi lagi menjadi empat bagian yaitu: lemak, protein, laktosa dan mineral.

Sementara itu, komposisi rata-rata di dalam susu adalah 3,9 %, protein 3,4 %, laktosa 4,8 %, mineral 0,72 % dan zat lain dalam jumlah sedikit seperti sitrat, enzim fosfolipid dan juga vitamin. Dan menurut Departemen Kesehatan RI, di dalam susu terdapat komposisi 88,3%, lemak 3,5%, protein 3,2%, karbohidrat 4,3% dan lain-lain 0,7%.

Sementara itu dilansir dari stmjsimpati.wordpress.com, salah satu komponen penting di dalam susu adalah vitamin. Dan komponen susu adalah vitamin-vitamin yang dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E, K) dan vitamin yang larut dalam air ( 8 vitamin B – B1, B2, B3, B5, B6, B7 (biotin), B9 (asam folat), B12 – dan vitamin C).

Oleh: Rana Arinda

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading