Sukses

Parenting

Kandungan Gizi Dalam Susu Sapi (Part 5)

Susu sapi adalah salah satu jenis minuman yang paling banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh selain air putih. Di dalam susu sapi terdapat banyak zat yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kuat, terutama karena ada kandungan kalsium di dalamnya.

Lalu, sebenarnya ada apa saja sih di dalam susu sapi? Yuk, kita simak ulasannya sebagai berikut.

Dilansir dari stmjsimpati.wordpress.com, di dalam susu terdapat protein, di mana fungsi utama protein adalah sebagai zat pembentukan sel dan jaringan baru. Protein akan menggantikan jaringan yang sudah rusak dan mati.

Di dalam susu terdapat protein yang kemudian terbagi menjadi beberapa bagian kecil lagi, yaitu: isoleusin, leusin, lysin, tryptophan, metionin, penilalanin (esensial) ; alanin, glutamin, glutamat, sistein, tyrosine (non esensial).

Di dalam susu juga terdapat immunoglobulin dan laktoferin yang merupakan bagian dari fraksi protein whey di dalam susu. Laktoferin adalah zat yang berperan sebagai antioksidan, anti-mikroba, anti-virus, anti-kanker, pengikat racun, meningkatkan sistim imun dan membantu penyerapan zat besi.

Selain itu, di dalam susu juga terdapat kolin yang merupakan prekursor kimia yang dibutuhkan untuk memproduksi neurotransmitter asetilkolin. Neurotransmitter adalah pembawa pesan dari satu sel otak ke sel lainnya. Ini adalah salah satu hal yang membuat otak menjadi lebih cerdas dan di dalam satu gelas susu terdapat 10-20 mg kolin.

Oleh: Rana Arinda

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading