Sukses

Parenting

Mengonsumsi Asam Saat Hamil, Amankah?

Saat hamil, seringkali wanita menginginkan makanan yang berasa asam. Ngidam jenis ini lumrah dialami ibu hamil saat usia kehamilannya muda. Buah asam menjadi salah satu bahan yang diingini oleh para ibu hamil yang mengalami ngidam semacam itu.

Dilansir Stylecraze.com, asam sendiri sebenarnya juga bermanfaat untuk menghilangkan mual dan muntah selama hamil. Tetapi, amankah buah yang memiliki rasa sangat asam ini dikonsumsi ibu hamil?

Bermanfaat jika dikonsumsi secara bijak

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, asam memiliki beragam manfaat bagi ibu hamil. Berikut beberapa manfaatnya.

  • Asam dapat mencegah terjadinya diabetes kehamilan atau gestational diabetes karena dapat mengontrol kadar gula darah.
  • Kandungan mineral di dalam buah asam dapat membuat tekanan darah menjadi stabil.
  • Dalam jumlah wajar, buah asam dapat memperlancar buang air besar sehingga mencegah terjadinya sembelit pada ibu hamil.

Akibat jika berlebihan

Segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan memiliki dampak yang tidak baik bagi tubuh. Begitu pula jika buah asam dikonsumsi secara berlebihan pada ibu hamil.

  • Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah asam dapat mengakibatkan keguguran dan bayi prematur jika dikonsumsi terlalu banyak.
  • Buah asam memang dapat membantu mengatasi sembelit, tetapi jika dikonsumsi berlebihan, buah ini dapat menimbulkan diare yang menyebabkan dehidrasi pada ibu hamil.
  • Buah asam juga dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat seperti aspirin dan ibuprofen. Jika Anda mengonsumsi jenis obat tersebut, konsultasikan dengan dokter Anda mengenai makanan yang boleh dan tidak boleh Anda konsumsi.

Konsumsi buah asam dalam jumlah yang wajar baik untuk ibu hamil. Anda boleh saja menambahkan bahan ini ke dalam masakan Anda. Tetapi, selalu ingat untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading