Sukses

Parenting

Bisakah Masa Puber Yang Terlalu Cepat Dicegah?

Anak-anak jaman sekarang lebih cepat dewasa daripada anak-anak jaman 20 tahun yang lalu. Hmm…apa benar, ya, Ladies? Well, mau tidak mau, masyarakat saat ini harus mengakui bahwa pernyataan di atas tersebut benar. Bagaimana tidak? Sekarang ini anak-anak perempuan usia kelas 3 SD saja sudah banyak yang sudah mengalami menstruasi, lho.

Beberapa pakar kesehatan reproduksi menyatakan bahwa hal ini terjadi mungkin disebabkan oleh pola makan yang terlalu banyak yang dilakukan oleh anak-anak jaman sekarang. Komposisi lemak hewani yang terlalu banyak dalam menu sehari-hari dibandingkan dengan lemak nabati, adalah salah satu contohnya.

Berikut ini beberapa hal-hal yang bisa orang tua lakukan untuk mencegah datang masa puber yang terlalu cepat, dikutip dari huffingtonpost.com.

1. Menu makan anak harus lebih difokuskan pada lemak nabati, bukan hewani. Dengan begini, konsumsi protein lebih dapat terkontrol sehingga pengaruhnya terhadap hormone estrogen tidak terlalu kuat.

2. Batasi produk susu dalam snack atau menu harian anak.

3. Ajarkan anak untuk menyukai kegiatan olahraga dan berikan anak satu pilihan jenis olahraga yang ia sukai untuk dilakukan setiap minggunya.

4. Kurangi makanan-makanan yang telah diproses seperti makanan dalam kaleng, atau minuman manis berkalori tinggi seperti soda.

5. Pestisida juga terbukti menyebabkan ketidakseimbangan kerja hormon dalam tubuh sehingga lebih baik Anda membeli produk organik.

6. Perhatikan bungkus makanan anak-anak. Hindari sebisa mungkin makanan-makanan yang dibungkus dalam wadah plastik lentur, karena biasanya mengandung kandung phthalate yang tinggi dan dapat bereaksi jika makanan dimasukkan dalam keadaan panas.

 

Oleh: Mazhi

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading