Sukses

Parenting

Panduan untuk Para Ibu Muda yang Sedang Galau dan Kebingungan

Seorang wanita akan mengalami semakin banyak kebingungan dan kegalauan ketika dirinya baru mempunyai anak. Bahkan wanita yang baru menikah pun sering dibayangi kekhawatiran akan apa yang harus dilakukan jika nanti sudah punya anak. Sebagai seorang wanita, kita wajib tahu apa saja sih yang harus dilakukan agar bisa bertahan dan terhindar dari kegalauan atau kebingungan saat menjadi ibu. Berikut ini panduan untuk para ibu muda yang masih sering galau seperti yang dilansir oleh mom.me.

    Berikan Kenyamanan untuk Diri Anda Terlebih Dahulu

    Anda akan sulit untuk merawat bayi Anda jika Anda sendiri belum mendapatkan kenyamanan untuk diri Anda sendiri. Jadi, carilah waktu untuk Anda sendiri seperti kapan Anda perlu bertemu dengan teman-teman Anda atau berapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk melakukan kegiatan atau hobi Anda.

    Kenali Tanda Post-Partum Depression

    Post-Partum Depression ini dapat terjadi kapan saja di tahun pertama kelahiran bayi Anda. Beberapa tanda anda terkena post-patrum depression ini antara lain merasa ingin menjauh dari bayi Anda, merasa terisolasi dan kesepian, mood yang naik turun, merasa tak berdaya, dan susah tidur. Saat Anda mengalami tanda-tanda tersebut, Anda harus sesegera mungkin mencari bantuan.

    Memotong Kuku Jari Tangan dan Kaki Bayi

    Salah satu metode terbaik untuk memotong kuku jari tangan dan kaki bayi Anda adalah saat ia sedang tertidur. Dan, perlu berhati-hati karena kuku jari bayi Anda sangatlah kecil.

    Cara Menyimpan ASI

    Seorang wanita yang juga harus bekerja di kantor biasanya mengalami masalah dengan bagaimana ia menyimpan ASInya. Perlu diketahui bahwa ASI yang baru dipompa dan dimasukkan ke dalam botol atau kantung plastik bisa bertahan 10 jam di suhu kamar. Jika disimpan di kulkas, bisa bertahan hingga 8 hari dan akan bertahan hingga 6-12 bulan jika disimpan di dalam freezer.

    Waktu untuk Tidur

    Setiap tiga bulan setelah bayi Anda lahir, akan ada pola tidur yang berubah-ubah hingga usianya mencapai 18 bulan. Pola tidur Anda, mau tak mau juga akan berubah. Untuk menyiasatinya, Anda bisa ikut tidur saat bayi Anda tidur dan bangun saat ia juga bangun.

Banyak ibu muda yang masih ketakutan untuk memandikan bayinya. Dan, cara yang tepat untuk memandikan bayi adalah dengan cara mengisi bak dengan air hangat-hangat kuku setinggi 3 inci. Setelah Anda memasukkan bayi Anda ke dalam bak, gunakan lap mandi yang sudah dibasahi air untuk mengelap tubuh bayi Anda.

Anda juga perlu melakukan kerjasama dengan suami Anda. Komunikasi yang tepat dan kerjasama yang baik dengan suami akan sangat membantu Anda untuk bisa melakukan segala sesuatunya dengan lebih mudah.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading