Sukses

Parenting

Hati-Hati, Ini Pengaruh Bulimia Terhadap Kehamilan

Jika Ladies adalah wanita modern yang mengetahui tentang berbagai macam perkembangan informasi, maka mungkin Anda juga sudah mengetahui tentang penyakit yang berhubungan dengan kesehatan dan makanan yaitu bulimia.

Bulimia dan anoreksia menjadi satu rumpun penyakit yang akhir-akhir ini semakin banyak muncul. Kasus bulimia seringkali memang menimpa para wanita di Amerika, namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada wanita di belahan bumi lain, misalnya Indonesia.

Efek bulimia yang paling bisa dilihat adalah perubahan bentuk tubuh yang menjadi semakin kurus. Kondisi kesehatan ini memiliki dampak buruk untuk kesehatan penderitanya, dan akan semakin buruk jika ia sedang hamil. Menurut kutipan dari www.womenshealth.gov, jika seorang wanita bulimia hamil, maka akan ada pengaruh terhadap janin di dalam kandungannya, beberapa di antaranya adalah keguguran, tekanan darah tinggi, berat badan bayi sangat rendah, cacat lahir hingga bayi tidak hidup ketika dilahirkan.

Orang dengan bulimia cenderung akan memuntahkan makanannya kembali sesaat setelah makanan itu masuk ke perut. Hal ini sama saja dengan tidak makan, karena tidak ada asupan nutrisi yang masuk ke tubuh dan tidak ada makanan yang diproses sehingga bisa menyalurkan sari makanan ke janin. Jika hal ini terus-menerus dilakukan, maka tidak menutup kemungkinan janin tidak akan bisa berkembang dengan baik dan mengalami gangguan.

Gangguan kesehatan tersebut bisa berupa cacat, fisik maupun mental hingga lahir tidak bernyawa. Namun seringkali sebelum bisa dilahirkan, janin sudah tidak dapat ditolong karena si ibu kemungkinan besar mengalami depresi karena gangguan makan yang dideritanya ditambah dengan kabar bahwa dia hamil. Keadaan hamil sendiri akan membuka kemungkinan bahwa banyak hormon yang bergejolak dan mengacaukan pola makannya.

Jadi, wanita dengan bulimia sebaiknya tidak hamil dulu sebelum gangguan makan yang dideritanya bisa disembuhkan secara total dan ia mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading