Sukses

Parenting

Berat Badan Tak Bertambah Saat Hamil, Apa Sebabnya?

Saat hamil, berat badan Anda seharusnya meningkat karena kehadiran janin dan plasenta. Tetapi, pada beberapa kasus, berat badan ibu hamil tidak bertambah, bahkan berkurang.

Sebenarnya, kehamilan dan kenaikan berat badan datang secara bergandengan. Tetapi kenaikan berat badan yang terjadi pada tiap ibu sangat mungkin berbeda, ada yang bertambah dalam jumlah besar, tidak bertambah, bahkan berkurang. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan, seperti pada bahasan yang dilansir sheknows.com berikut ini.[quote]

Alasan yang umum dari kenaikan berat badan yang kurang

Yang paling sering terjadi adalah mual dan muntah yang dialami sepanjang kehamilan cukup parah sehingga sedikit sekali makanan yang masuk. Hal ini tentu saja menyebabkan berat badan tidak naik seperti yang diinginkan. alasan lainnya sang ibu menderita diabetes atau diabetes kehamilan sehingga harus mengontrol jumlah makanannya. Terlalu sibuk memperhatikan kadar gula, berat badan sang ibu justru terabaikan. Intinya ibu hamil harus mendapatkan makanan yang sesuai dengan kebutuhannya. Jika makanan yang dikonsumsinya kurang, kenaikan berat badan tidak bisa tercapai.

Apa yang harus diperhatikan

Kenaikan berat badan saat hamil berbeda-beda tiap orang. Menurut panduan, seorang ibu hamil yang memiliki berat badan kurang atau normal disarankan untuk mengalami kenaikan berat badan 12-18 kg, sedangkan untuk yang mengalami kelebihan berat badan, kenaikan berat badannya yang disarankan 7-11 kg, dan bagi yang obesitas, kenaikan berat badan sebaiknya hanya 5 kg saja.

Seringkali kenaikan berat badan yang kurang bukan merupakan masalah besar. Tetapi pastikan untuk selalu memantau berat badan Anda, jika Anda mengalami penurunan berat badan, segera hentikan penurunan tersebut, berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk masalah tersebut.

 

 

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading