Sukses

Parenting

Defisiensi Vitamin A Menyebabkan Penyakit Reproduksi Wanita Hamil Anggur?

Ladies, Anda mungkin telah sering mendengar istilah hamil anggur ya? Yap. Salah satu kelainan yang terjadi pada wanita ini merupakan penyakit reproduksi wanita ladies.

Asal nama ‘anggur’ pada hamil anggur adalah karena adanya tumor jinak mirip anggur yang disebut trofoblas. Disebutkan dalam www.webmd.com, trofoblas ini merupakan sel bagian tepi ovum atau sel telur yang telah dibuahi, kemudian melekat di dinding rahim dan menjadi plasenta serta membran yang memberi makan hasil pembuahan

Pemicu terjadinya hamil anggur ini karena 3 hal, yakni:
- Tidak ada buah kehamilan (agenesis) atau ada perubahan (degenerasi) sistem aliran darah terhadap buah kehamilan. Pada usia kehamilan minggu ke-3 sampai minggu ke-4.
- Aliran darah yang terus berlangsung tanpa bakal janin, akibatnya terjadi peningkatan produksi cairan sel trofoblas.
- Kelainan substansi kromosom seks.

Penyebab dari hamil anggur ini belum diketahui secara pasti, namun sebagian besar ahli beranggapan bahwa defisiensi vitamin A pada wanita mengambil peranan cukup penting dalam menyebabkan penyakit reproduksi wanita ini.

Dengan tercukupinya tingkat asupan vitamin A akan menyebabkan penderita hamil anggur terhindar dari kanker dan memulihkan kesehatan, sehingga peluang kehamilan akan lebih besar.

Karena diduga disebabkan oleh defisiensi vitamin A dalam tubuh, maka penyakit reproduksi wanita berupa hamil anggur ini dapat dicegah dengan mencukupi kebutuhan vitamin A dalam tubuh. Selain mencegah terjadinya hamil anggur, ketercukupan vitamin A dalam tubuh juga akan menurunkan angka kegagalan fungsi reproduksi.

Nah, ladies, itulah sedikit informasi mengenai penyakit sistem reproduksi berupa hamil anggur, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita dalam melakukan upaya pencegahan ya! Keep healthy!

Oleh : Maulisa

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading