Sukses

Parenting

5 Cara Tetap Kalem Saat Bersama Anggota Keluarga Yang Kurang Menyenangkan

Kita tak bisa terus-terusan menghindari momen pertemuan keluarga. Mungkin beberapa orang menghindar karena malas bertemu dengan anggota keluarga yang terkesan menyebalkan. Mulai dari yang sering tanya kapan nikah, skripsi, pekerjaan atau yang suka kepo dan bergosip. 

Mungkin keadaan yang sama juga dialami oleh mereka. Tapi ketidaknyamanan itu jangan sampai menjadi alasan Anda untuk membenci. Masalahnya ada pada kelakuannya, bukan orangnya. Nah, agar Anda tak sering mengalami masalah saat bertemu dengan famili yang seperti ini, cobalah tips berikut. 

    Kenali Sikapnya

    Dengan cara ini Anda bisa mengantisipasi kapan Anda harus menahan diri dari terpancing emosi, kapan harus menjaga jarak dan sebagainya. Kita tidak sedang menjauhinya, namun kita menjauhi konflik yang mungkin terjadi. Ini adalah win-win solution kalau memang dia adalah sosok yang sulit diajak kompromi.

    Hindari Perdebatan

    Pasti ada perbedaan. kalau Anda merasa topik pembicaraan atau sikapnya mulai mengganggu Anda, sebisa mungkin alihkan agar tak memancing perdebatan di antara Anda. Anda punya hak personal untuk menjaga diri dan tidak meladeninya kalau memang dia memaksa atau memancing Anda.

    Minta Saran

    Mintalah saran dari anggota keluarga yang senior atau yang netral. Biasanya selain bisa memberi saran, mereka juga bisa menjadi penengah atau mediator. Tapi ingat, solusi hanya ada pada Anda sendiri. Bagaimana anda menyikapi dan mengambil keputusan semua ada di tangan Anda.

    Mencoba Asertif

    KEtika suatu hal sudah mulai di luar batas, Anda bisa melawan mereka. Tidak dengan berteriak atau kekerasan. jadilah orang yang tegas atau asertif. Lihat apakah hal ini bisa mengubah keadaan atau tidak. Kalau tidak, katakan saja setidaknya Anda sudah mencoba untuk menyelesaikan dengan cara yang dewasa.

    Time To Heal

    Ini adalah pilihan paling sulit dan juga opsi paling akhir. Namun tak ada salahnya membiarkan waktu memberi Anda berdua kesempatan untuk sama-sama berpikir dan introspeksi. Waktu setidaknya bisa memudarkan dendam, amarah, sentimen negatif meskipun juga sedikit memberi jarak di antara Anda.Namun rasanya akan seperti sama-sama mulai dari nol.

Semua bisa dibicarakan, apalagi ketika Anda sudah sama-sama dewasa. Jangan jadikan masalah memecah belah. Saling pengertian dan menghargai satu sama lain akan membuat Anda dan keluarga tetap harmonis. 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading