Sukses

Parenting

Biaya Operasi Caesar di 4 Rumah Sakit Kota Bekasi Gratis

Biaya operasi Caesar memang lebih mahal dari berkali-kali lipat dari biaya melahirkan normal, tak terkecuali di kota Bekasi. Oleh karena itu, banyak Ibu yang memilih proses persalinan normal. Selain karena faktor biaya yang lebih murah, persalinan normal juga dirasakan lebih mudah proses pemulihannya.

Namun, ada beberapa keadaan dimana seorang Ibu harus melakukan operasi Caesar karena kondisi kehamilannya yang bermasalah. Bagi Bunda yang perekonomiannya termasuk menengah ke bawah, pastilah sangat sulit untuk membayar operasi Caesar yang harganya bisa tiga kali lebih mahal dari proses persalinan normal.

Menurut laman ibuhamil.com, biaya yang harus dikeluarkan untuk operasi Caesar di kota bekasi adalah berkisar dari 11 juta rupiah sampai dengan 30 juta rupiah.Tetapi, bagi Bunda yang berdomisili di kota Bekasi, berbahagialah karena menurut laman tempo.co, biaya operasi Caesar di 4 rumah sakit di kota bekasi telah gratis.

Empat rumah sakit tersebut adalah,Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Rumah Sakit Kartini, Subki Abdul Kadir, dan Rumah Sakit Bersalin Jatisampurna, telah ditunjuk oleh pemerintah untuk memberikan operasi caesar gratis bagi pasien yang kehamilannya termasuk ke dalam kategori beresiko tinggi.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi angka kematian Ibu dan bayi di kota Bekasi. Syarat pasien untuk mendapatkan layanan bersalin gratis ini pun cukup mudah. Pasien cukup menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) Kota Bekasi.

Nah, bagaimana dengan kota-kota lain, apakah sudah menerapkan kebijakan ini?

Oleh: Ratna K.D

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading