Sukses

Parenting

Alasan Cara KB Dengan Pil Jadi Kambing Hitam Bertambahnya Berat Badan

Sudah lumrah jika di sekeliling Anda banyak yang mengatakan bahwa wanita mengonsumsi pil sebagai cara KB yang ditempuh bertambah berat badannya. Untuk itu ketika ditanyakan mengapa si Nyonya A bertambah gemuk, kemungkinan ia akan menjawab karena telah minum pil KB. Alhasil, pil KB menjadi kambing hitam atas kegemukan.

Disalir dari laman nhs.uk, bahwa tidak ada bukti secara medis yang didapat dari penelitian-penelitian terkait pil KB dan kegemukan yang menyatakan bahwa dengan mengonsumsi pil seseorang akan bertambah gemuk. Dikatakan pula bahwa dosis hormon yang diberikan dalam pil pun sudah cukup dan tidak menyebabkan kegemukan.

Nah Ladies, ketahuilah bahwa ternyata ada sejarahnya di balik pengambinghitaman pil KB untuk alasan kegemukan. Merujuk pada penjualan pil KB pertama pada tahun 1960an, pada tiap butir pilnya terkandung hormon estrogen dan progestin dalam jumlah yang besar. Hampir 1.000 kali lipat dibandingkan kebutuhannya, Ladies!

Wah, ternyata juga memang hormon estrogen yang diberikan dengan dosis yang sangat besar tersbut yang bisa menambah berat badan seseorang sebab hormon tersebut dapat membuat nafsu makan seseorang bertambah serta menyimpan banyak cairan di tubuh.
Nah, kemungkinan sejak puluhan tahun yang lalu orang-orang mulai menanamkan pemikiran bahwa pil KB bisa membuat gemuk.
Padahal kenyataan hari ini telah berbeda, loh. Kini jumlah hormon yang diberikan sudah tidak sebanyak dahulu, sehingga efeknya dapat lebih ditolerir oleh tubuh.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading