Sukses

Parenting

Bunda, Waspadai Tanda Hamil Palsu

Pernahkah Bunda mendengar istilah hamil palsu? Hamil palsu atau biasa dikenal dengan istilah “pseudocyesis” ini memang sangat jarang terjadi. Namun, Bunda harus tetap waspada pada tanda hamil palsu yang sering mengecoh banyak wanita.

Hamil palsu merupakan keadaan dimana seorang wanita seolah hamil namun sebenarnya tak bayi di dalam kandungannya. Berikut tanda-tanda hamil palsu yang berhasil dirangkum dari laman webmd.com:

1. Telat datang Bulan
2. Perut yang membucit
3. Payudara yang membesar, perubahan pada puting, hingga kemungkinan memproduksi susu kolostrum
4. Merasakan gerakan janin dalam perut
5. Mual dan Muntah
6. Berat badan naik

Tanda-tanda yang telah disebutkan di atas memang merupakan tanda-tanda yang terjadi jika seorang wanita dinyatakan hamil. Seseorang yang mengalami kehamilan palsu akan merasakan hal yang sama dengan wanita hamil pada umunya.

Perut wanita yang mengalami kehamilan palsu akan juga membuncit, namun tidak ada janin dalam perutnya, melainkan hanya gas atau air. Penelitian menunjukkan bahwa tanda-tanda kehamilan palsu tersebut dialami oleh seorang wanita karena faktor psikologis.

Ketika seorang wanita sangat menginginkan hamil, biasanya hal tersebut akan mempengaruhi fisiknya dan dapat membuatnya mengalami kehamilan palsu ini. Tanda-tanda hamil palsu ini dapat bertahan selama beberapa minggu, berbulan-bulan, hingga sampai bertahun-tahun.

Salah satu cara untuk mengetahui kehamilan palsu ini adalah dengan memeriksakan diri ke dokter dan melakukan pemeriksaan USG.

Oleh: Ratna K.D

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading