Sukses

Parenting

Penyebab Kehamilan Ektopik (Part 2)

Pada artikel sebelumnya Bunda sudah diajak membahas beberpa penyebab kehamilan ektopik yang sering tejadi. Kehamilan ektopik sendiri merupakan kehamilan di mana sel telur berkembang di luar rahim atau biasa disebut dengan hamil di luar kandungan.

Selain tiga penyebab kehamilan ektopik yang dibahas sebelumnya, masih ada beberapa penyebab lainnya yang disalir dari laman babycenter.com berikut ini:

- Merokok
Rokok memang dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. Jika Bunda sedang berbadan dua, sebaiknya Bunda menghindari rokok. Karena selain akan mempengaruhi sistem pernapasan, rokok merupakan salah satu penyebab terjadinya kehamilan ektopik.

Hampir 11% dari kehamilan ektopik disebabkan oleh rokok. Nah Bun, sebaiknya Bunda stop dulu yaa kebiasaan merokok ini ketika sedang hamil.

- Pernah Mengalami Kehamilan Ektopik Sebelumnya
Jika Bunda pernah mengalami kehamilan ektopik pada kehamilan sebelumnya, Bunda harus ekstra hati-hati menangani kehamilan Bunda, karena dapat membuat resikonya semakin tinggi.

- Pernah Menggunakan DES Diethylstilbestrol
Diethylstilbestrol merupakan obat yang digunakan untuk mencegah terjadinya keguguran. Namun, penggunaan DES ini sudah sangat jarang digunakan karena memberikan dampak negatif pada Ibu dan bayi yang sedang dikandung. DES ini juga ternyata dapat membuat seorang wanita memiliki resiko yang lebih besar terkena kehamilan ektopik.

Itulah penyebab-penyebab dari kehamilan ektopik atau kehamilan di luar kandungan. Dengan mengetahui penyebab-penyebabnya Bunda disarankan untuk selalu waspada untuk menjaga kehamilan Bunda.

Oleh: Ratna K.D

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading