Sukses

Parenting

Penyebab Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik atau yang lebih dikenal dengan istilah hamil di luar kandungan terjadi ketika sel telur berkembang bukan pada rahim namun melekat pada tempat lain yang dikenal dengan tuba falopi. Ada beberapa penyebab kehamilan ektopik ini. Bunda harus waspada dengan hal tersebut.

Berikut beberapa penyebab dari kehamilan ektopik yang berhasil di rangkum dari laman babycenter.com:

- Memiliki Riwayat Penyakit Radang Panggul
Penyakit radang panggul atau pelvic inflammatory disease (PID) merupakan salah satu infeksi pada rahim yang sering sekali menjadi penyebab terjadinya kehamilan ektopik. Radang pelvis ini dapat menjangkit wanita melalui penyakit seks menular terutama Chlamydia dan gonorrhea.

Bahkan penyakit radang pelvis ini dapat mengakibatkan infertilitas atau kemandulan. Jadi Bunda harus waspada dengan penyakit yang satu ini.

- Memiliki Riwayat Mengidap Endometriosis
Endometriosis adalah kondisi dimana sel-sel yang seharusnyaberada di lapisan rahim (endometrium) tumbuh di bagian lain dari tubuh wanita. Sama halnya seperti pada radang pelvis, penyakit ini juga bisa menyebabkan kemadulan.

- Pernah Menjalani Operasi Pada Bagian Perut
Jika Bunda pernah menjalani operasi pada bagian perut termasuk di dalamnya operasi Caesar atau operasi pada tuba palofi, Bunda harus selalu waspada dengan permasalahan hamil di luar kandungan ini.

Operasi pada bagian perut yang pernah Anda jalani merupakan salah satu penyebab terjadinya kehamilan ektopik. Walaupun memang dua penyakit sebelumnya merupakan penyebab yang paling sering terjadi.

Oleh: Ratna K.D

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading