Sukses

Parenting

Persiapkan dengan Benar Operasi Caesar, Melahirkan Lebih Lancar (II)

Besok anda akan menjalani operasi Caesar sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati jauh-jauh hari. The baby is about to come! Pasti anda merasa senang, sedikit khawatir, dan perasaan campuk aduk lainnya. Yuk siap-siap! Dengan menyiapkan matang-matang operasi caesar, melahirkan akan lebih lancar.

Jangan terlalu khawatir ladies. Operasi Caesar biasanya tidak sampai memakan waktu satu jam. Yang lebih melegakan lagi, anda boleh didampingi oleh suami atau seorang partner selama dalam proses bersalin.

Karena besok anda akan melakukan operasi Caesar, apa saja yang harus dilakukan?

Seperti dilangsir dari laman mayoclinic.org, pada malam hari sebelum oeprasi, anda lebih baik mandi dengan sabun antibakteri. Begitu pula di pagi hari menjelang waktu operasi Caesar, anda diminta mandi dengan sabun antiseptic untuk mengurangi terjadinya infeksi.

Dan jika anda terbiasa untuk mencukur area miss V anda, maka pada waktu menjelang operasi Caesar, anda jangan melakukannya.

Ketika sudah sampai rumah sakit, prosedur pra-operasi Caesar akan dilakukan oleh helath care team. Abdomen anda akan dibersihkan terlebih dahulu. Kateter akan dipasang pada kandng kemih anda. Selanjutnya jarum IV atau intravenous akan dipasang pada pergelangan tangan anda. IV berguna untuk menyediakan obat-obatan dan cairan yang mungkin saja dibutuhkan selama dalam proses persalinan Caesar anda.

Selanjutnya adalah anestesi. Dengan bius, anda tidak akan merasakan sakit selama proses operasi berlangsung.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading