Sukses

Parenting

Pasca Operasi Caesar, Melahirkan Normal: Bisakah?

Selama ini, banyak masyarakat percaya bahwa pasca operasi Caesar, melahirkan normal pada persalinan berikutnya adalah hal yang tidak mungkin. Namun, ternyata anggapan tersebut salah. Ada sebuah terobosan bernama VBAC alias Vaginal Birth After Cesarean.

Dengan adanya VBAC, melahirkan secara normal setelah pernah memiliki pengalaman operasi Caesar bukanlah hal yang tidak mungkin. Tetapi, tak selalu VBAC berhasil dilakukan. Anda yang menginginkan untuk melakukan VBAC tetap harus berjaga-jaga dengan kemungkinan adanya operasi Caesar jika ternyata proses persalinan normal anda tidak berjalan dengan baik.

Seperti dilangsir dari situs whattoexpect.com, vaginal birth setelah sebelumnya dilakukan operasi Caesar memiliki beberapa resiko yang perlu anda pertimbangkan. Salah satu isu yang paling sering muncul pada VBAC adalah uterine rupture alias rahim yang “pecah”.

Pasalnya, pada saat operasi Caesar, rahim anda disayat terbuka sehingga otot-otot pada rahim tidak sekuat dulu. Dan sekalipun dokter telah melakukan berbagai cara untuk memulihkannya, kondisi rahim anda tidak akan benar-benar pulih seperti sedia kala.

Resiko terjadinya uterine rupture terbilang cukup rendah, yaitu hanya sekitar 24 dari 1000 VBAC. Dengan angka kemungkinan tersebut, masih banyak dokter yang tidak mengijinkan anda untuk melakukan VBAC. Namun tentunya tak semua dokter bertindak demikian. Jika tidak ada kontraindikasi yang berarti, dokter akan memberi anda kesempatan untuk mencoba VBAC.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading