Sukses

Parenting

Pasca Operasi Caesar, Melahirkan Normal: Know the Medicines

Setelah pernah memiliki riwayat melahirkan secara Caesar, melahirkan secara normal bukan merupakan sebuah mission impossible. Anda dapat melakukannya melalui VBAC atau Vaginal Birth After Cesarean.

Bagi anda yang sebelumnya selalu melahirkan secara Caesar dan tidak pernah melahirkan secara normal, VBAC merupakan sebuah hal yang cukup exciting namun juga thrilling. Bagaimana tidak, ini adalah kali pertama anda merasakan kontraksi melahirkan yang bisa membuat anda senang sekaligus cukup ketakutan.

Pada VBAC, dokter memiliki opsi untuk memberi anda obat-obatan untuk merangsang kontraksi anda. Namun, beberapa dokter mungkin akan menghindari pemberian obat-obatan dan menunggu waktu bersalin anda secara alami. Alasannya, dokter concern dengan resiko uterine rupture yang bisa saja terjadi pada anda.

Ketika dokter memutuskan untuk merangsang persalinan anda dengan obat-obatan, obat yang biasanya diberikan adalah oxytocin. Dengan oxytocin, proses bersalin normal anda yang berjalan lambat akan berjalan dengan lebih cepat karena anda akan melakukan kontraksi dengan lebih sering.

Sedangkan untuk mengurangi rasa nyeri saat melahirkan, anda akan ditawari opsi anestesi. Seperti dikutip dari laman webmd.com, anestesi local, anestesi epidural, dan opioids akan menjadi opsi yang dapat anda pilih. Pain medicine tersebut dapat membantu mengurangi rasa sakit yang anda rasakan selama proses persalinan berlangsung.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading