Sukses

Parenting

Cara Penyembuhan Hepatitis B Pada Ibu Hamil (1)

Hepatitis B secara umum dapat disebuhkan dengan cara yang tak rumit. Namun hal ini akan sangat berbeda bila yang terserang virus Hepatitis B adalah wanita yang sedang hamil. Segala keputusan tentang memulai, melanjutkan atau menghentikan terapi penyembuhan Hepatitis B selama kehamilan harus melalui pertimbangan dan analisis resiko dan manfaat bagi ibu dan janin.

Pertanyaan yang penting dalam kasus pasien Hepatitis B yang sedang hamil adalah: berada pada trimester ke berapakah kehamilannya? Hal ini berkaitan erat pula dengan pada tingkat berapa kerusakan organ hatinya.

Jika ingin mengurangi virus Hepatitis B pada ibu berada pada trimester ketiga, maka yang paling utama adalah usaha untuk mencegah penularan / transfer virus dari calon ibu ke janin yang dikandungnya. Rencana terapi yang akan dijalani dapat ditentukan setelah jumlah virus dalam tubuh sang calon ibu terdeteksi dan terprediksi. Prediksi ini setidaknya harus sudah dilaksanakan pada akhir trimester kedua.

Dengan data banyaknya virus pada trimester kedua, maka inisiasi pengobatan melalui antivirus dapat segera dimulai. Waktu yang tersisa pun cukup untuk pencegahan transfer virus dari calon ibu ke anak. Strategi penyembuhan hepatitis C harus direncanakan dengan baik agar ibu maupun anak dapat mendapatkan manfaat sebanyak-banyaknya dari perawatan dokter ini. Pemeriksaan secara rutin akan sangat penting dalam kasus-kasus seperti ini.

Oleh: Chrysant Kirana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading