Sukses

Parenting

Minum Antibiotik Saat Hamil Bisa Merusak Sistem Kekebalan Janin

Berhati-hatilah mengonsumsi obat selama masa kehamilan, termasuk penggunaan antibiotik. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi antibiotik saat hamil dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh bayi.

Dilansir oleh Dailymail.co.uk, penelitian yang dilakukan oleh Children’s Hospital of Philadelphia di Amerika Serikat menunjukkan bahwa konsumsi antibiotik oleh ibu hamil dapat mengurangi kemampuan anak melawan penyakit yang berhubungan dengan kuman dan bakteri, terutama dalam sistem pencernaan.

Ibu hamil yang mengonsumsi antibiotik akan meningkatkan risiko anak mudah terjangkit masalah pencernaan akibat kuman dan bakteri, salah satunya adalah infeksi E. coli yang mematikan, terutama untuk bayi yang lahir prematur. Karena itulah, bayi membutuhkan kekebalan tubuh bagus, terutama bakteri baik di ususnya.

Penggunaan antibiotik pada ibu hamil harus diawasi dokter, karena efek sampingnya dapat berdampak pada janin yang sedang dikandung. Hingga saat ini, para ilmuwan gencar meminta para dokter untuk mengurangi penggunaan antibiotik.

Nah bunda, berhati-hatilah mengonsumsi obat saat hamil. Pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading