Sukses

Beauty

Bagaimana Mengetahui Penyakit Kanker Hati?

Penyakit kanker hati merupakan masalah yang serius karena kanker ini menyerang organ yang sangat vital dalam tubuh. Kanker hati seringkali tidak menunjukkan gejala yang signifikan sampai ketika sudah berada di stadium lanjut. Karena hal inilah, kanker hati jarang ditemukan di awal. Tumor yang masih kecil seringkali sulit ditemukan dalam pemeriksaan fisik.

Kebanyakan pasien terserang kanker hati setelah sebelumnya mereka menderita cirrhosis dalam waktu yang cukup lama. Jika pasien diketahui menderita cirrhosis, maka dianjurkan untuk rutin melakukan tes untuk mengetahui apakah sel kanker tumbuh di hati. Tes yang dilakukan biasanya adalah screening tes, baik berupa tes AFP atau ultrasound.

AFP atau alpha-fetoprotein adalah protein yang dihasilkan oleh sel kanker. Protein jenis ini dianggap penanda adanya kanker di hati. Untuk mengetahui apakah seseorang menderita kanker hati, sample darah diambil untuk diperiksa kandungan AFPnya.
Kadar AFP yang tinggi pada orang dewasa bisa jadi merupakan tanda orang tersebut mengidap kanker. Namun sayangnya tes ini tidak sempurna, pasalnya beberapa kaker tidak banyak menghasilkan protein ini. Selain itu penyakit hati lainnya yang bukan kanker juga dapat meningkatkan AFP.

Seperti yang dilansir situs cancer.org, ultrasound merupakan tes dengan menggunakan gelombang suara untuk membuat gambaran organ di dalam tubuh. Untuk tes ini, pasien hanya perlu berbaring dan sebuah alat digerakkan di kanan atas perut. Jika ada gumpalan dalam hati, maka pasien bisa diperiksa lebih lanjut untuk mengetahui gumpalan apakah itu.

Oleh: Teylita

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading